Seorang Pengedar Diamankan Polisi dan 5 Kurir Narkoba Jaringan Internasional

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Medan | rakyatmedan.com
Sat Narkoba Polrestabes Medan menggagalkan 9 Kg sabu asal Negara Tiongkok di kawasan Jalan Gatot Subroto, Medan belum lama ini. Selain mengamankan barang-bukti sabu, petugas juga meringkus 2 tersangka kurir narkoba masing-masing berinisial TS (22), oknum karyawan PTPN I di Aceh, dan RS (21) warga Jalan Gatot Subroto, Medan.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto didampingi Kasat Narkoba Kompol Boy J Situmorang dalam paparannya di Mapolrestabes, Senin (7/11) sore menjelaskan, pada Jumat (4/11) malam petugas mendapat informasi dari masyarakat yang menyebut 2 pria sedang membawa narkoba di kawasan Jalan Gatot Subroto, Medan yang rencananya akan diantarkan kepada seseorang.

Atas informasi itu personil Sat Narkoba melakukan penyelidikan dan langsung meringkus 2 pria yang mencurigakan, dimana keduanya saat itu membawa 2 tas ransel. saat tas itu digeledah, petugas menemukan 9 bungkus sabu masing-masing seberat 1 Kg. Untuk mengelabui polisi, bungkusan tersebut menggunakan kemasan teh asal Tiongkok.

Kedua tersangka mengaku mendapat tugas via telepon seluler dari seseorang di Aceh. Dimana seseorang itu meminta kedua tersangka untuk membawa sabu-sabu yang sudah disiapkan dan menunggu orang mengambilnya. Kedua tersangka jika berhasil dijanjikan akan diberi upah Rp90 juta. Dimana tiap 1 kilonya diupah Rp10 juta. Kedua tersangka tergolong jaringan peredaran narkotika internasional.

Sabu tersebut dipasok dari Negara Tiongkok menuju Aceh. Selanjutnya melalui pelabuhan tikus dan dikirim ke Kota Medan untuk diedarkan. Kita masih memburu bandar besarnya berinisial NR dan telah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Dari pengakuan kedua tersangka, sebelumnya mereka juga sempat mendapat kiriman 6 Kg sabu dan berhasil diedarkan.

Selain meringkus kurir narkoba, Sat Narkoba juga membekuk seorang bandar narkoba berinisial JS (44) warga Jalan Sei Rotan Pasar XI Desa Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Deliserdang.

Penangkapan terhadap JS berlangsung di rumahnya. Dari tangan tersangka diamankan 1 Kg sabu yang dikemas dalam 2 bungkus dan uang tunai Rp40 juta. Sabu itu didapat tersangka dari BLA, warga asal Aceh yang dikirim melalui seseorang untuk diserahkan kepada JS.

Belum lama ini juga petugas membekuk 3 tersangka kurir ganja di kawasan Jalan Kasuari, Kelurahan Sei Sikambing B, Medan Sunggal. Dari tangannya turut disita barang-bukti 13 Kg ganja kering siap edar yang telah dibungkus masing-masing 1 Kg.

Ganja itu didapat dari A, warga asal Aceh yang kini DPO. Rencananya barang haram tersebut akan dibawa ke Dumai. Para tersangka dikenakan Pasal 114 Subs 112 Undang-Undang Narkotika dengan pidana hukuman mati atau seumur hidup. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya