Jokowi Tetap Optimis Ekonomi Tumbuh 5,1-5,2 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian pembukaan Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2016, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (9/11).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian pembukaan Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2016, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (9/11).

Jakarta | rakyatmedan.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa bangga dengan pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal III-2016 yang mencapai 5,02 persen. Kendati angka itu mengalami penurunan bila dibandingkan raihan sebesar 5,18 persen di kuartal II-2016.

Meski ada penurunan, Jokowi optimistis tingkat ekonomi Indonesia akan mengalami pertumbuhan yang cukup baik hingga akhir 2016. Dia pun meminta masyarakat harus tetap optimistis dengan realisasi target pertumbuhan ekonomi di tahun ini sebesar 5,2 persen.

“Keadaan ekonomi kita, tumbuh. Saya kira patut untuk dioptimistiskan,” ujar Jokowi, saat peresmian pembukaan Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2016, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (9/11).

Jokowi menuturkan, tingkat ekonomi nasional di kuartal I-2016 mengalami pertumbuhan 4,94 persen, kuartal II mencapai 5,18 persen, dan kuartal III turun menjadi 5,02 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan dan penurunan, tapi pergerakan ekonomi masih tetap bagus.

“Artinya ada kenaikan meskipun sedikit, ini memberikan rasa optimisme kita bahwa pertumbuhan (ekonomi) masih ada, karena negara lain turun semua,” tegas Jokowi.

Hingga akhir 2016, sebut Jokowi, dirinya memperkirakan target ekonomi akan tercapai dengan baik. Setidaknya, ekonomi akan bergerak di posisi 5,1-5,2 persen hingga kuartal IV-2016.‎ (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya