Pertamina Gandeng Petronas Pasok BBM, Bagaimana Harganya?

Ilustrasi Gedung Pertamina. (foto ant: Andika Wahyu)
Ilustrasi Gedung Pertamina. (foto ant: Andika Wahyu)

Jakarta | rakyatmedan.com
PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Petronas untuk memasok  Bahan Bakar‎ Minyak (BBM) di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Kerjasama ini guna menerapkan  program BBM satu harga. Lalu bagaimana dengan harga BBM yang dipasok‎ Petronas?

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, meski BBM diimpor dari Malaysia, harga BBM tetap sama seperti yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.

“Tetap harga yang dijual sesuai yang diatur Pemerintah,” kata Bambang, Rabu (9/11).

Bambang mengatakan, impor BBM dari Malaysia dilakukan agar lebih efisien. Hal itu karena ada beberapa  wilayah perbatasan yang belum memiliki akses, sehingga untuk memasok BBM harus menggunakan pesawat. Dengan demikian biaya pengiriman BBM menjadi mahal.

“Jauh  lebih murah dari kami dibandingkan mengantar pakai pesawat. Dari sisi cost, bahwa izin ekspor atau impornya juga jelas akan melalui pemerintah. ‎ Setidaknya kalau ongkos saya (pakai pesawat) Rp30-35 ribu per liter, saya bisa tinggal Rp10 ribuan per liter (dengan impor),” jelas Bambang.

Bambang menuturkan, Pertamina telah menjalin kerja sama dengan Petronas. Kedua belah pihak juga sudah mendapat izin dari Pemerintah ‎Indonesia dan Malaysia, untuk menjalankan rencana ini.

Selain Indonesia, Malaysia juga bisa melakukan hal yang sama untuk wilayahnya yang lebih dekat dengan distribusi Pertamina, sehingga lebih efisien.

“Kami sudah tandatangan kontrak dengan anak perusahaan Petronas, kita saling bisa impor. Kita sudah dapat izin dari masing-masing pemerintah,” tutur Bambang. (rm/l6)

portal berita medan
informatif & terpercaya