Trump Menang, IHSG Merosot 56 Poin

Ilustrasi. (foto ant: Sigid Kurniawan)
Ilustrasi. (foto ant: Sigid Kurniawan)

Jakarta | rakyatmedan.com
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup terkoreksi di tengah melemahnya bursa saham global hari ini Rabu (9/11). Penurunan terjadi setelah penghitungan Pemilu AS. Indeks turun -56 poin (-1,03%) ke 5.414 setelah bergerak di antara 5.345-5.491.
 
Dari riset Mandiri Sekuritas tercatat ada sebanyak 98 saham naik, 214 saham turun, 81 saham tidak bergerak, dan 175 saham tidak ditransaksikan.

Hari ini, investor bertransaksi Rp9,6 triliun, terdiri dari transaksi reguler Rp7,74 triliun dan negosiasi Rp1,85 triliun. Di pasar reguler, investor asing membukukan transaksi jual bersih (net sell) Rp514,75 miliar.

Sebanyak sembilan dari total 10 indeks sektoral melemah, dipimpin sektor infrastruktur yang turun -2,23% dan keuangan yang turun -1,52%.

Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia, Samsul Hidayat tak menampik bahwa IHSG terpengaruh oleh hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat.
 
Namun, ia menilai bahwa kondisi tersebut hanya sebatas shock jangka pendek saja bagi para pelaku pasar. Dan, kedepannya para investor akan terus melihat peluang yang ada.
 
“Hanya akan ada shock jangka pendek saja. Kemudian tentunya investor akan lihat kalau peluang itu selalu ada. Kami kira ini hanya masalah adjusment, atas kondisi yang ada atas beberapa saham yang memperoleh manfaat. Saat ini yang kelihatan bisa memperoleh manfaat dari apa yang yerjadi di AS sana,” ucapnya, di Jakarta, Rabu (9/11).
 
Menurut Samsul, nantinya setelah shock mereda, para pelaku pasar akan melihat kebijakan-kebijakan baru yang akan dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat yang dipimpin oleh Donald Trump.
 
“Dalam beberapa waktu tidak akan banyak perubahan, hanya akan ada beberapa shock jangka pendek. Namun ini akan disesuaikan dengan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Donald Trump, saya kira begitu. Jadi hanya terbatas saja,” tukasnya.
 
Seperti diketahui, Donald Trump menjadi Presiden terpilih AS setelah menang dari lawannya yakni Hillary Clinton. Trump panggilan akrabnya memperoleh 276 suara (48 persen), sedangkan Hillary hanya 218 suara (47,2 persen).

Sementara itu, dari Asia, mayoritas indeks saham terkoreksi. Indeks Nikkei 225 di Jepang turun -5,11%, Kospi di Korsel melemah -3,01%, dan Hang Seng di Hong Kong terkoreksi -2%.

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa juga melemah sejak dibuka tadi siang. Indeks FTSE100 di Inggris turun -0,49%, DAX di Jerman melemah -1,63%, dan CAC di Perancis terkoreksi -1,37%.

Di pasar valas, nilai tukar rupiah terkoreksi -43 poin (-0,33%) ke Rp13.127 per dolar AS, setelah bergerak di kisaran Rp13.052-Rp13.259. (rm/we)

portal berita medan
informatif & terpercaya