Demi Ahok, Ruhut Mundur dari DPR dan Demokrat

Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul

Jakarta | rakyatmedan.com
Ruhut Sitompul memanfaatkan momentum Hari Pahlawan untuk mundur dari jabatan publik. Hari ini, ia menyebar surat pengunduran diri dari Partai Demokrat, DPR, dan MPR.

“Sudah saya teken tertanggal 10 November. Ini juga untuk mengenang Hari Pahlawan,” kata Ruhut, Kamis (10/11).

Ruhut mengatakan, dirinya akan tetap aktif dari Komisi III DPR RI sampai surat pengunduran dikabulkan. Dia akan bertugas sesuai sumpah dan janji saat dilantik menjadi anggota Dewan.

“Sekarang aku masih di daerah pemilihan, aku juga masih membahas RUU KUHP yang dibahas di Komisi III,” ujar Ruhut.

Ruhut mundur dari Demokrat karena mendukung Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI 2017. Sedangkan Demokrat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono.

Karena berbeda sikap, Ruhut dilaporkan ke Dewan Kehormatan Partai Demokrat. Sidang Dewan Kehormatan merekomendasikan Dewan Pimpinan Pusat Demokrat memecat Ruhut.

Menurut Ruhut, rekomendasi pemecatan itu didasari ketidaksukaan kedekatan Ruhut dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Meski Dewan Kehormatan sudah mengeluarkan rekomendasi, Ruhut mengatakan, SBY tidak memecatnya.

“Pak SBY sayang sama aku, aku punya chemistry dengan Pak SBY. Tetapi saya tetap akan mundur dari partai,” pungkas Ruhut. (rm/mtc)