Ingat! 16 November Operasi Zebra, Poldasu Kerahkan 1.451 Polantas

Ilustrasi Operasi Zebra.
Ilustrasi Operasi Zebra.

Medan | rakyatmedan.com
Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut mengerahkan 1.451 polisi lalulintas (Polantas) terdiri dari 60 personel tugas Polda dan 1.391 personel polres jajaran dalam gelaran Operasi Zebra Toba 2016 yang akan dimulai pada 16 sampai 29 November mendatang.

Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Rudi Hartono saat membuka latihan pra ops, Kamis (10/11) mengatakan, latihan pra ops dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan anggota dalam melaksanakan Operasi Zebra Toba-2016.

“Pra ops ini juga untuk mewujudkan kesamaan persepsi dan cara bertindak dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas menjelang Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 dalam rangka menciptakan Harkamtibmas,” ujar Rudi.

Rudi mengatakan, Operasi Zebra ini mengedepankan kegiatan penegakan hukum disertai dengan kegiatan preemtif dan preventif secara selektif prioritas untuk mewujudkan kamseltibcarlanta yang mantap, tertib dan lancar di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Rudi menuturkan, Operasi Terpusat Zebra Toba-2016 ini dilaksanakan karena angka pelanggaran lalu lintas di wilayah Sumatera Utara tergolong tinggi, begitu juga maraknya aksi kriminalitas maupun kejahatan jalanan lain yang sangat meresahkan masyarakat.

Melalui pelatihan Pra Ops, peserta pelatihan diberikan materi meliputi rencana operasi, penyampaian perkiraan khusus operasi, teknik penyelidikan dan penyidikan laka lantas, teknis dan taktis penegakan hukum lalu lintas, turjawali, sistem pengendalian laporan serta analisa evaluasi.

“Intinya untuk mewujudkan kesamaan pola pikir dan pola tindak antar fungsi operasional dan personel mampu memahami dan melaksanakan tugas sesuai SOP yang berlaku serta mampu berkoordinasi dalam pemberdayaan masyarakat maupun mitra Polri,” tegas Rudi.

Pembukaan latihan Pra Ops dibuka oleh Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Rudi Hartono yang dihadiri hampir seluruh Kasat Lantas sejajaran.

Sekadar mengingatkan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengadakan Operasi Zebra secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia, yang akan digelar pada 16 s/d 29 November mendatang.

Operasi ini berkonsentrasi pada kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan serta kelaikan jalan kendaraan bermotor. Tak hanya kelengkapan SIM dan STNK saja, polisi juga akan menindak bagi kendaraan bermotor yang hingga saat ini sedang dalam masa telat pajak.

Selain harus melengkapi kendaraan dan kelengkapan resmi berkendara (termasuk kenakan helm bersertifikat SNI bagi pengendara motor), pengendara mobil juga wajib menggunakan safety belt. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya