Presiden: Bangsa Besar Menghormati Jasa Pahlawannya

Presiden Joko Widodo memimpin upacara ziarah Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11).
Presiden Joko Widodo memimpin upacara ziarah Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11).

Jakarta | rakyatmedan.com
Presiden Joko Widodo mengatakan bangsa yang besar ialah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mendirikan bangsa.

“Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai, yang menghormati jasa-jasa para pahlawan kita,” kata Jokowi dalam sambutannya saat ramah tamah bersama Warakawuri dan keluarga Pahlawan Perintis Nasional di Gedung Konvensi, TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (10/11).

Menurut Jokowi, tantangan dan rintangan untuk mewujudkan cita-cita pahlawan dalam pembangunan bangsa Indonesia begitu banyak dan tidak mudah.

Kendati demikian, Jokowi yakin dengan doa dan restu yang diberikan oleh para pejuang maka bangsa Indonesia dapat melaluinya.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mohon doa restu keluarga besar para pahlawan Indonesia untuk kemajuan bangsa kita, Indonesia,” ujar Kepala Negara.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memperingati Hari Pahlawan dengan melakukan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Hadir juga Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Wakapolri Komjen Syafrudin. serta Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara juga melakukan peletakan karangan bunga ke tugu pahlawan di taman makam tersebut dan menaburkan bunga ke sejumlah makam pahlawan, antara lain sejumlah makam Pahlawan Revolusi, makam Umar Wirahadikusuma, makam Adam Malik, makam Ainun Habibie, makam Taufiq Kiemas, dan beberapa makam pahlawan tamtama serta pahlawan tak dikenal. (rm/ant)

portal berita medan
informatif & terpercaya