Asyik Tidur, 13 Orang Tewas dalam Kebakaran Pabrik Garmen

Reruntuhan akibat kebakaran (Foto: AP)
Reruntuhan akibat kebakaran (Foto: AP)

New Delhi | rakyatmedan.com
Kebakaran cukup hebat di pabrik garmen ilegal di dekat New Delhi, India menewaskan 13 orang dan melukai beberapa orang lainnya.

“Kebakaran terjadi di sebuah pabrik di daerah perumahan Sahibabad sekitar 4.30 pagi (waktu setempat),” kata jurubicara polisi India, Bhagwat Singh, seperti dikutip AFP, Jumat (11/11).

Diketahui, para pekerja sedang tidur di dalam pabrik yang terhitung cukup sempit tersebut. Kebakaran ini diduga karena adanya arus pendek.

Petugas pemadam kebakaran India pun mengatakan bahwa mereka berhasil menyelamatkan dua orang ketika api mulai membesar.

“Dua orang kebetulan bangun dan berteriak, namun 13 orang yang tewas tidak terbangun dan mereka terkena api yang semakin besar,” tutur salah satu petugas.

Bhagwat juga menegaskan bahwa pabrik garmen tersebut diketahui ilegal. Pasalnya, ketika dikonfirmasi, tak ada informasi tentang pabrik tersebut.

India memang memiliki catatan buruk terkait keselamatan kerja dan kecelakaan. Bulan lalu, delapan pekerja tewas di sebuah pabrik kembang api di selatan Tamil Nadu.

Kecelakaan besar terjadi pada 2013 saat 1.138 orang tewas karena kompleks pabrik kain tiba-tiba runtuh. Tak hanya itu, kecelakaan ini membuat 3.000 pekerja lainnya terjebak.

Kejadian ini sempat membuat ricuh dunia internasional karena memakan ribuan nyawa dan memberikan tekanan kepada perusahaan merek pakaian Eropa serta Amerika untuk meningkatkan kondisi pabrik lebih baik serta meningkatkan upah pekerja.  (rm/afp)

portal berita medan
informatif & terpercaya