Brimob Poldasu Gelar Tabur Bunga

Tabur bunga di TMP, Jalan SM Raja, Medan.
Tabur bunga di TMP, Jalan SM Raja, Medan.

Medan | rakyatmedan.com
Sejumlah sesepuh dan pasukan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumut melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan SM Raja, Medan, Minggu (13/11) pagi. Gelaran tabur bunga itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob ke-71.

Wakasat Brimob Polda Sumut, AKBP Brury Soekotjo Adyakso Putro mengatakan, tabur bunga itu untuk mengenang jasa para sesepuh Brimob yang gugur dalam tugas atau meninggal setelah melaksanakan tugas sebagai abdi negara.

“Ziarah ini juga sebagai bagian dari doa dan syukur kepada Tuhan agar semua pasukan diberikan hidayah dan kekuatan dalam menjalankan tugas sebagai aparat negara,” katanya.

Selain itu, sambungnya, untuk memotivasi pasukannya agar mampu berbuat seperti yang dilakukan para pendahulunya dan jadi panutan.

Brimob Polda Sumut selama ini, salah satunya adalah Kolonel Pol Mas Kadiran yang pernah menjadi Komandan Korps Brimob wilayah Sumatera dan Aceh.

“Apa yang dicita-citakan para pendahulu Brimob ini akan jadi motivasi bagi setiap personel,” katanya.

Terpisah, Kepala Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut AKBP Nugroho Tri Niryanto menambahkan, saat proses tabur bunga di TMP, Jalan SM Raja, Medan sedikitnya 50 orang sesepuh Brimob yang sudah pensiun juga hadir memberikan semangat kepada para personel yang masih aktif bertugas.

“Ini semua untuk memotivasi kami dan pasukan untuk tetap menjaga kehormatan Korps. Melaksanakan tugas dengan baik dan benar-benar menjadi abdi negara, menjaga kesatuan dengan segenap jiwa dan raga setiap personil, khususnya di Den A, Binjai,” katanya.

Menurutnya, ziarah dan tabur bunga itu dilakukan di makam para pejuang secara umum dan terkhusus bagi para pejuang Brimob dan Polri.

“Memang, kita melakukan ziarah ini secara keseluruhan bagi para pahlawan. Dan secara khusus kita lakukan pada para leluhur Brimob, salah satunya Kolonel Pol Mas Kadiran,” ujarnya.

Kol Mas Kadiran yang wafat pada tahun 1988, sembilan tahun setelah memasuki masa pensiun pada tahun 1979.

“Upacara tabur bunga merupakan kegiatan rutin yang sifatnya wajib untuk selalu mengingat jasa para pahlawan dengan semangat juang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kol Mas Kadiran adalah tokoh dan pejuang yang tidak bia dipisahkan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI pada jaman itu,” sebutnya.

Selain itu, katanya lagi, sudah menjadi keharusan bagi personel Brimob Polda Sumut untuk melakukan tabur bunga sebagai generasi penerus para pendahulunya.

“Sebagai generasi penerus, kita harus giat dan bekerja keras membangun dan menjaga keamanan bangsa. Sehingga apa yang diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu dengan mengorbankan jiwa dan raga mereka dalam mempertahankan kedaulatan bangsa tidak menjadi sia-sia,” ucapnya.

Sebelumnya, Brimobda Sumut juga sudah melakukan berbagai rangkaian kegiatan menyambut HUT Brimob ke-71, seperti donor darah, bedah rumah, pembersihan pekarangan dan tempat ibadah dan lainnya.

“Intinya, kegiatan kemanusiaan sudah kita lakukan sebelumnya, diantaranya donor darah, bedah rumah bersih-bersih rumah ibadah dan lainnya,” pungkasnya. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya