Hajar Makedonia, Spanyol Amankan Posisi Puncak Klasemen

Aritz Aduriz (Kanan) merayakan golnya ke gawang Makedonia (foto AFP: Jorge Guerrero)
Aritz Aduriz (Kanan) merayakan golnya ke gawang Makedonia (foto AFP: Jorge Guerrero)

Granada | rakyatmedan.com
Timnas Spanyol tampil perkasa di hadapan publiknya sendiri saat menjamu Makedonia pada matchday keempat kualifikasi Piala Dunia 2018 grup G, Minggu (13/11) dini hari. Pada laga tersebut, La Furia Roja sukses membantai tim tamu dengan skor telak 4-0.

Spanyol sebetulnya tampil tanpa kekuatan penuh pada laga tersebut. Mengingat, sejumlah pemain andalan mereka seperti Sergio Ramos, Gerard Pique, dan Andres Iniesta absen lantaran mengalami cedera.

Namun, hal tersebut tak membuat Spanyol hilang percaya diri. Mereka bahkan mampu tampil dominan sejak awal pertandingan. Statistik mencatat, tim besutan Julen Lopetegui mampu melepaskan lima tembakan mengarah ke gawang.

Meski begitu, Spanyol sempat kerepotan menembus gawang tuan rumah pada babak pertama. Buktinya, mereka butuh waktu 34 menit untuk membuka keunggulan yang diciptakan melalui gol bunuh diri Darko Velkoski. Keunggulan Spanyol bertahan bertahan hingga turun minum.

Keunggulan pada babak pertama tampak membuat Spanyol semakin percaya diri. Mereka terus mendominasi pada babak kedua. Hasilnya, Spanyol sukses menggandakan keunggulan lewat Vitolo pada menit ke-63.

Spanyol semakin perkasa ketika mereka berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-84 lewat Nacho Monreal. Ketika itu, ia sukses meneruskan umpan Daniel Carvajal.

Aduriz akhirnya menutup pesta kemenangan Spanyol dengan mencetak satu gol tambahan pada menit ke-85. Mendapat umpan dari David Silva, striker Athletic Bilbao itu sukses menyelesaikan bola dengan baik.

Hingga laga usai, tidak ada gol lagi tercipta. Spanyol memastikan kemenangan dengan skor 4-0.

Dengan hasil ini, Spanyol sukses mengamankan posisi mereka di puncak klasemen dengan mengoleksi 10 poin. Saat ini, mereka harus bersaing ketat dengan Italia yang memiliki poin sama di posisi kedua.

Sementara itu, kekalahan membuat Makedonia tertahan di posisi kelima klasemen tanpa mengoleksi poin satu pun. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya