Taklukkan Latvia, Portugal Bayangi Swiss

Cristiano Ronaldo (kanan) disambut rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Latvia (foto AFP: Francisco Leong)
Cristiano Ronaldo (kanan) disambut rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Latvia (foto AFP: Francisco Leong)

Sao Joao | rakyatmedan.com
Portugal sukses melibas Latvia 4-1 pada lanjutan kualfikasi Piala Dunia 2018 di stadion Do Algarve, Senin (14/11). Cristiano Ronaldo nyaris mencetak hattrick jika tak gagal eksekusi penalti.

Sedangkan dua gol lagi dicetak William Carvalho dan Bruno Alves. Latvia sendiri sempat memberi perlawanan ketika samakan skor di babak kedua lewat ARthur Zjurzins.

Portugal langsung tampil menyerang sejak kick off pertandingan. Meski demikian, justru Latvia yang terlebih dahulu mengancam.

Berawal dari gocekan Kluskins dari sayap kanan yang menghasilkan tendangan sudut. Umpan tendangan sudut mengarah ke Tarasovs dan untung saja sundulannya bisa ditepis kiper Portugal, Rui Patricio di menit ke-9.

Diserang, Portugal pun mulai gencar lancarkan serangan cepat. Sayang, Portugal kesulitan untuk menembus pertahanan Latvia.

Di menit ke-28, kebuntuan itu akhirnya berhasil ditembus.Portugal mendapatkan penalti setelah Luis Nani dijatuhkan usai menerima umpan terobosan Cristiano Ronaldo.

Tanpa ampun Ronaldo sukses eksekusi penalti sehingga membuat skor menjadi 1-0 untuk Portugal. Di menit ke-42, Rudnevs buka peluang Latvia. Untung saja, bola berhasil dihalau Bruno Alves. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Portugal tampil lebih menggila. Di menit ke-59, Portugal mendapatkan penalti setelah Andre Gomes dijatuhkan di kotak penalti.

Sayang, tembakan penalti Ronaldo mengenai tiang. Skor pun tetap bertahan 1-0. Meski gencar menyerang, Portugal malah kebobolan di menit ke-67.

Adalah Arturs Zjurzins yang mencetak gol usai manfaatkan umpan silang ke kotak penalti Portugal. Untung saja, Portugal mampu kembali unggul usai William Carvalho cetak gol di menit ke-69.

Dia mencetak gol usai memanfaatkan umpan Ricardo Quaresma yang baru masuk di babak kedua. Pada menit ke-85, Quaresma kembali menginspirasi usai memberikan umpan yang berbuah gol untuk Ronaldo. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Pada menit ke-90, Ronaldo kembali nyaris cetak hattrick saat sundulannya mengenai tiang. Namun di injury times, Bruno Alves sempurnakan kemenangan Portugal lewat golnya.

Portugal mengakhiri pertandingan dengan skor 4-1 dan bertahan hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membawa Portugal berada di posisi kedua di bawah Swiss. (rm/l6)

portal berita medan
informatif & terpercaya