Tim Hukum Basuki Tak Akan Ajukan Praperadilan

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selesai diperiksa di Bareskrim Mabes Polri.
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selesai diperiksa di Bareskrim Mabes Polri.

Jakarta | rakyatmedan.com
Koordinator Tim Hukum Basuki Tjahaja Purnama, Sirra Prayuna memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan praperadilan pasca ditetapkannya Basuki sebagai tersangka atas kasus dugaan penistaan agama.

Hal tersebut diputuskan setelah ia berkomunikasi dengan Basuki. Di mana pada intinya keputusan tidak akan mengajukan praperadilan itu karena untuk menghormati proses yang sudah dilakukan Polri secara profesional.

“Proses hukum yang dilakukan Mabes Polri beliau sangat menghormatinya sebagai warga negara taat hukum beliau akan menjalani proses ini dengan baik. Terkait dengan pandangan dan pertanyaan berbagai pihak apakah akan lakukan praperadilan, kami tidak akan langkah hukum praperadilan,” ujar Sirra dalam konferensi pers di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/11).

Sirra menjelaskan, praperadilan merupakan mekanisme yang menguji terhadap proses penegakan hukum, apakah syarat formal terhadap seseorang dari penyelidikan jadi penyidikan terhadap suatu tuntutan, itu sudah memenuhi azas-azas hukum pidana atau belum?

Artinya, pihaknya menghormati proses hukum dengan tidak mengajukan proses praperadilan itu. Sebab, apabila diajukan praperadilan, maka pihaknya menganggap ada yang salah dalam proses hukum itu. Apalagi, ia mengawal proses penyelidikan Basuki mulai dari saksi ahli dan mengikuti dengan seksama proses panjang gelar perkara yang dilaksanakan Selasa (15/11) kemarin.

“Saya sudah komunikasi dengan beliau (Basuki), pandangan kami sependapat bahwa kami tidak akan praperadilan untuk menyikapi penetapan status Pak Basuki tersangka,” terangnya.

Tidak hanya itu, katanya, proses hukum yang bermuara pada penetapan Basuki sebagai tersangka itu juga dijalankan dengan baik, terbuka, dan profesional. Jika sudah seperti itu harus diajukan praperadilan, katanya, maka hanya akan menghabiskan waktu dan energi dengan percuma. (rm/sp)

portal berita medan
informatif & terpercaya