Walikota AS Mundur setelah Hina Michelle Obama

Melania Trump (kiri) dan Michelle Obama. (Foto: BBC)
Melania Trump (kiri) dan Michelle Obama. (Foto: BBC)

Virginia Barat | rakyatmedan.com
Walikota Clay, Virginia Barat, Amerika Serikat (AS), Beverly Whaling, mengundurkan diri setelah membalas sebuah komentar rasis tentang Ibu Negara AS, Michelle Obama.

Whaling tampak memuji komentar seorang Direktur Perusahaan Pembangunan Clay County, Pamela Ramsey Taylor, yang menyebut Michelle sebagai “kera dengan sepatu hak tinggi”.

Kejadian itu berawal dari komentar Taylor di akun Facebook miliknya yang menyatakan, “Sangat menyegarkan memiliki lagi seorang Ibu Negara yang berkelas, cantik, dan bermartabat di Gedung Putih. Saya capek melihat ‘kera dengan sepatu hak tinggi’,” kata Taylor merujuk pertemuan antara Michelle dan Melania Trump, istri dari presiden terpilih AS Donald Trump.

Whaling mengomentari pernyataan rasis itu dengan menyatakan hal itu telah menceriakan harinya. Sontak saja, Whaling mendapat banyak kecaman dan protes dari berbagai kalangan. Masyarakat juga langsung mengeluarkan sebuah petisi untuk menyerukan pengunduran diri Whaling sampai mencapai 170.000 tanda tangan.

Whaling adalah wali kota Clay dengan populasi hanya 491 orang. Menurut data sensus penduduk 2010, kota itu sama sekali tidak memiliki penduduk Amerika Afrika. Di Clay County secara keseluruhan, lebih dari 98 persen dari 9.000 penduduknya adalah warga kulit putih.

Meskipun Clay County hanya memiliki populasi kecil, tapi pesan di Facebook sangat cepat menyebar dan meluas. Taylor juga telah diberhentikan dari jabatannya. (rm/sp)

portal berita medan
informatif & terpercaya