Preview Atletico vs Madrid: Vicente Calderon Angker buat Madrid

Momen saat Cristiano Ronaldo mencoba membobol gawang Atletico Madrid (Foto: 2.bp.blogspot.com)
Momen saat Cristiano Ronaldo mencoba membobol gawang Atletico Madrid (Foto: 2.bp.blogspot.com)

Madrid | rakyatmedan.com
Kota Madrid akan terbelah akhir pekan ini. Hal itu menyusul bentrokan yang akan melibatkan Atletico Madrid dan Real Madrid pada jornada 12 La Liga Spanyol, Minggu (20/11) dini hari WIB.

El Derbi Madrileno, begitulah sebutan untuk duel kedua tim asal Kota Madrid tersebut. Laga di Vicente Calderon nanti akan jadi bentrokan ke-80 di pentas La Liga.

Dalam 79 pertemuan sebelumnya, Madrid punya rekor jauh lebih baik dari Atletico. Tim yang identik dengan kaum borjuis itu sukses meraih 85 kemenangan. Adapun, Atletico yang didukung kaum menengah ke bawah, baru 39 kali menaklukkan Madrid. Khusus di Calderon, Atletico mengumpulkan 24 kemenangan, sedangkan Madrid 33.

Meski demikian, superioritas Madrid atas Atletico nampaknya tidak lagi kental. Setidaknya dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini terbukti dengan ketidakmampuan Los Blancos meraih kemenangan dalam enam kunjungan terakhirnya ke Stadion berkapasitas 54.000 kursi itu.

Kemenangan terakhir Madrid di Calderon terjadi pada 12 Februari 2014 di ajang Copa Del Rey. Madrid yang kala itu dibesut Carlo Ancelotti menaklukkan Atletico 0-2 lewat dua eksekusi penalti Cristiano Ronaldo.

Selebihnya, dalam enam kunjungan berikutnya Madrid harus menelan tiga kekalahan dan tiga kali imbang. Termasuk hasil 1-1 pada kunjungan terakhirnya 5 Oktober tahun lalu.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane tentunya harus memutar otak untuk bisa mengakhiri catatan buruk di atas. Selain memutus rekor buruk di Calderon, Zidane juga dituntut menjaga rekor bagus Madrid yang belum terkalahkan dalam 17 laga yang mereka mainkan di semua ajang musim ini. Kemenangan juga dibutuhkan Madrid untuk mengamankan takhta klasemen yang hanya unggul dua poin dari rival utamanya, Barcelona.

Pria asal Prancis ini semakin dibuat pusing karena tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya di laga nanti. Karim Benzema, Alvaro Morata dan Toni Kroos dipastikan absen pada laga nanti lantaran masih dibekap cedera.

Dengan kondisi demikian, Zidane kemungkinan bakal menurunkan James Rodriguez untuk mendampingi Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale di lini depan. Beruntung, bek sekaligus kapten tim Sergio Ramos sudah pulih dari cedera dan diprediksi bisa tampil di laga sarat gengsi itu.

Terlepas dari absennya sejumlah pemain inti, Madrid datang ke Vicente Calderon dengan kepercayaan diri tinggi usai memetik kemenangan 3-0 atas Leganes di laga terakhir liga sebelum jeda internasional.

Berbeda dengan Madrid, sang tuan rumah justru membawa hasil minor usai dikalahkan Real Sociedad 0-2. Pelatih Diego Simeone juga dipusingkan dengan kondisi kebugaran pemain andalannya, Antoine Griezmann.

Griezmann diketahui sempat mengalami cedera kaki saat membela negaranya, Prancis melawan Swedia di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, 12 November. Cedera itu membuatnya langsung dikembalikan ke Atletico untuk menjalani pemulihan.

Meski Griezmann telah mengonfirmasi bahwa cederanya tidak serius dan siap tampil melawan Madrid, tetap saja cedera itu berpotensi membuatnya tidak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya.

Terlepas dari isu kebugaran Griezmann, Simeone tidak memiliki masalah berarti dalam memilih skuat terbaik. Sebab, seluruh pemain intinya berada dalam kondisi fit.

Laga kontra Madrid wajib dimenangi Atletico demi menjaga rekor bagus di kandang dan membawa mereka kembali ke jalur persaingan. Sebab, saat ini mereka masih tercecer di posisi empat klasemen usai kalah dari Sociedad. Los Colchoneros yang mengoleksi 21 poin, terpaut enam angka dari Madrid di puncak klasemen.

Selain mengikis jarak, motivasi utama yang diusung para penggawa Atletico di laga ini adalah menuntaskan dendam atas kekalahan menyakitkan pada pertemuan terakhir di final Liga Champions musim lalu.

Atletico harus tertunduk lesu usai kalah via drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit laga. Di final Liga Champions dua tahun sebelumnya, Atletico juga kalah secara menyakitkan. Mereka takluk 4-1 di babak extra time setelah sebelumnya sempat unggul 1-0, sebelum Sergio Ramos memaksakan laga berlanjut ke babak tambahan lewat golnya di masa injury time.

Well, bagaimanakah hasil Derbi Madrileno ke-80 di pentas La Liga nanti? Saksikan saja pertandingannya, Minggu (20/11) dini hari WIB, mulai pukul 02:45 WIB. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya