Hari Anak Nasional, Walikota Medan Berharap Tidak Ada Lagi Kekerasan Terhadap Anak

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi mengimbau kepada para orangtua agar selalu memberikan kasih sayang serta perhatian terhadap anak-anaknya.

Jangan lagi melakukan kekerasan terhadap anak, sebab anak merupakan titipan dari Allah swt yang harus dijaga dan dirawat.

Imbauan ini disampaikan Walikota Medan usai menyerahkan hadiah perlombaan kepada anak-anak Paud dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tingkat Kota Medan tahun 2016, di gedung Madinatul Hujja Asrama Haji, Jumat (18/11).

Dengan mengangkat Tema “Akhiri kekerasan terhadap anak” Dzulmi Eldin berharap tidak ada lagi anak-anak Indonesia khususnya anak-anak yang ada di Kota Medan yang mengalami kekerasan fisik maupun psikis.

“Kita ingin menjadikan Kota Medan sebagai Kota layak anak, karena itu saya berharap tidak ada lagi anak-anak yang merasakan kekerasan fisik maupun jiwa,” harap Eldin

Disamping itu Dzulmi Eldin juga berpesan kepada para orangtua agar memenuhi hak-hak anaknya dengan penuh tanggung jawab, hal ini sesuai dengan UUD 1945 yang mengamanatkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskiriminasi.

“Hak anak tersebut harus dipenuhi oleh orang tua agar kelak anak tumbuh menjadi insan yang memiliki mental yang tangguh, cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, santun, jujur serta berakhlak mulia,” pesan Eldin.

Hal senada juga disampaikan oleh Bunda Paud Kota Medan Hj Rita Maharani SH, dimana menurut Rita Maharani anak adalah harta yang paling berharga yang di miliki oleh orangtua sehingga harus dijaga dan di lindungi dengan sepenuh hati.

“Kita sering mendengar berbagai alasan orangtua melakukan kekerasan terhadap anak, tentu kita tidak ingin ini terus terjadi, karena dapat mengakibatkan terganggunya fisik maupun mental dari anak tersebut, dan anak tersebut akan melakukan kekerasan yang sama ketika mereka dewasa kelak,” kata Rita.

Untuk itulah melalui kesempatan ini,  Rita Maharani yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Medan, mengajak para orangtua agar selalu memberikan pengawasan dan bimbingan serta menghilangkan kekerasan terhadap anak sehingga anak mampu menjadi generasi penerus bangsa dan dapat mengembangkan karakternya sesuai dengan bakat yang di minati anak.

Sebelumnya, peringatan hari anak tingkat Kota Medan tahun 2016 ini di isi dengan berbagai perlombaan menarik bagi anak-anak Paud, di antaranya yakni lomba menyanyi, lomba mewarnai, lomba menyusun pola, dan lomba menggambar. Lomba ini di ikuti sebanyak 3.000 orang anak Paud se-Kota Medan.

Turut hadir dalam peringatan Hari Anak Nasional ini Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, Ketua Goptki Kota Medan Nurul Khairani, Ketua Himpaudi Kota Medan Nurhaida Farid Wajdi, pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan, para anak-anak paud, guru-guru paud dan juga orangtua. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya