Pajak Pengusaha Dorong Pembangunan Kota Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menghadiri pertemuan dan pemberian penghargaan wajib pajak Hotel, Restoran, Hiburan dan Parkir di Selecta Convention Hall, kemarin.
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menghadiri pertemuan dan pemberian penghargaan wajib pajak Hotel, Restoran, Hiburan dan Parkir di Selecta Convention Hall, kemarin.

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memberi penghargaan kepada sejumlah wajib pajak daerah di Selecta Imperial Gedung Selecta Jalan Listrik Medan, kemarin malam. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas pajak yang telah dibayarkan.

Selain mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan tahun 2016, pajak yang dibayarkan tentunya mendorong percepatan pembangunan di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan Walikota Medan didampingi Kadispenda Kota Medan HM Husni SE MSi dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Marah Husin Lubis SH.  Wajib pajak yang menerima pengharhaan itu, khususnya wajib untuk kategori pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir.

Dari banyak wajib pajak, Dispenda Kota Medan menetapkan empat pelaku usaha sebagai pembayar pajak tertinggi tahun 2016. Untuk kategori hotel, JW Marriot Hotel sebagai wajib pajak tertinggi dalam membayar pajak yakni sebesar Rp1.231.032.029. Kemudian, Mc Donalds sebagai wajib pajak tertinggi dalam membayar pajak untuk kategori restoran sebesar Rp221.598.254.

Selanjutnya menyusul  XXI Centre Point sebagai wajib pajak pembayar pajak terbesar untuk kategori tempat hiburan sebesar Rp268.093.442.  Sedangkan untuk kategori parkir, Medan Mall Jalan MT Haryono sebagai wajib pajak tertinggi dalam membayar pajak untuk kategori parkir sebesar Rp95.448.072.

Selain memberikan penghargaan, Dispenda juga memberikan sejumlah hadiah menarik berupa kulkas, televisi, laptop bagi wajib pajak melalui permainan batu goncang. Hal itu sengaja dilakukan sebagai upaya untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan dengan seluruh wajiba pajak, sehingga mereka dengan penuh kesadaran membayar pajak sebelum tanggal jatuh tempo.

Dijelaskan walikota, target penerimaan  pajak  hotel untuk tahun 2016 ini ditetapkan sebesar Rp89 miliar, pajak restoran Rp125 miliar, serta pajak parkir sebesar Rp13 miliar. Target penerimaan ini tidak mungkin dapat tercapai tanpa dukungan penuh sekaligus peran serta seluruh lapisan masyarakat, terutamaa para wajib pajak.

Sementara itu, Kadispenda Kota Medan HM Husni SE MSi menjelaskan, pemberian penghargaan ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun silaturahmi dan jembatan hati dengan wajib pajak yang ada di Kota Medan. Pasalnya, wajib pajak ini merupakan salah satu motor pembangunan di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

“Apabila seluruh wajib pajak taat pajak dan membayar kewajibannya tepat waktu, Insya Allah pembangunan di Kota Medan akan berjalan dengan lancar. Atas dasar itulah kita sengaja menggelar kegiatan ini sebagai ungkapan apresiasi dan terima kasih kepada para wajib pajak. Dispenmda sebagai wajib pungut, tidak ingin hanya sekadar memungut pajak saja tetapi juga memberikan apresiasi sehingga mereka semakin taat membayar pajak,” jelas Husni. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya