Polisi Lacak Penyebar Isu Rush Money

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta | rakyatmedan.com
Aparat Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, tengah melacak siapa pelaku pengunggah isu rush money, alias penarikan uang secara besar-besaran dari bank, di dunia maya.

“Itu sedang kita selidiki siapa yang menyebar. Kita serius itu untuk mencari sumber awal yang melemparkan isu rush money dan kita akan tindak benar,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Fadil Imran, Selasa (22/11).

Dikatakannya, isu itu merupakan berita bohong atau hoax. “Masyarakat jangan percaya‎ dengan isu tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait munculnya banyak isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang beredar di dunia maya, Fadil menegaskan, tim cyber sudah melakukan kegiatan polisi cyber dengan memberikan imbauan-imbauan dan antisipasi.

“Kedua, kita sudah berkoordinasi dengan Kemeninfo untuk langkah-langkah penegakan hukum. Mana saja akun-akun yang kontennya berisi provokasi, fitnah, pencemaran nama baik, dan sebagainya kita cegah. Ketiga, kita jadikan materi atau bahan penyelidikan selanjutnya,” katanya.

Ia menyampaikan, peran masyarakat juga dapat membantu mengantisipasi isu SARA beredar luas. Masyarakat bisa melaporkan adanya isu SARA ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

“Sudah ada yang kita sidik dan kita proses,” tandasnya. (rm/bs)

portal berita medan
informatif & terpercaya