Baru Seminggu Keluar Penjara, Pria Ini Berhasil Sikat Tiga Sepedamotor

Asahan | rakyatmedan.com
Polsek Pulo Raja Polres Asahan berhasil mengamankan pelaku pencurian kendaraan bermotor berinisial KA (46), di rumah temannya N Silalahi, warga Dusun III Desa Pulau Rakyat Tua Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan.

Baru seminggu keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Siborong-borong, warga Jalan Catur Kelurahan Kampung Banjar Kecamatan Siantar Barat Kotamadya Pematangsiantar itu berhasil menyikat tiga unit sepeda motor dari rumah milik warga, diwilayah yang berbeda.

“Baru seminggu aku keluar dari penjara pak. Sejak keluar dari penjara, ada tiga sepeda motor yang telah dicuri. Selama ini, sudah ada tiga kali aku masuk penjara karena kasus ranmor,” ungkapnya saat memberikan keterangan, dalam pemaparan kasus di Polsek Pulo Raja Polres Asahan, Kecamatan Pulau Rakyat dilansir dari tribratanewspoldasumut.com

Kapolsek Pulo Raja AKP Dahrun Harahap  mengungkapkan, terbongkarnya tindak kejahatan tersebut berawal dari laporan warga, yang merasa resah dengan kehadiran tersangka di rumah rekannya N Silalahi. Tersangka pernah dipergoki warga mengonsumsi narkoba jenis sabu sabu dan memiliki senjata api (Senpi).

Setelah mendapat laporan, Unit Reskrim melakukan penindakan dirumah tempat tersangka menumpang. Di kamar tidur tersangka, petugas menemukan dua paket sabu-sabu dalam plastik berukuran kecil beserta alat isap. Tersangka bersama barang bukti langsung di gelandang ke Polsek.

Dari hasil pemeriksaan, Kapolsek mengatakan bahwa tersangka tidak hanya terlibat penyalahgunaan narkotika. Tersangka juga mengaku pernah melakukan pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) di wilayah Indrapura dan Pulau Raja.

“Dari hasil pengembangan kasus, tersangka menjual barang hasil curiannya kepada salah seorang warga Teluk Nibung Tanjungbalai berinisial KA alias M. Di rumah M (penadah) kami menemukan 2 unit sepeda motor Yamaha RX King dan 1 unit sepeda motor Honda CB150R, diduga hasil tindak kejahatan. Hanya saja saat digerebek, M tidak berada di tempat,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini sedang memburu penadah, M berkoordinasi dengan Polres Tanjungbalai.

“Saat ini kita sedang memburu M, yang identitasnya telah kita ketahui. Kita juga akan berkoordinasi dengan Polres Batubara dan  Polresta Pematang Siantar, untuk mengungkap jaringan tersangka,” paparnya.

Atas perbuatannya  tersangka di jerat dengan Undang-undang (UU) tentang Narkotika nomor 35 tahun 2009 melanggar pasal 112 serta  melanggar pasal 362 dan 363 kitab undang hukum pidana tentang pencurian. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya