Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh di Kolombia Ditemukan

Reruntuhan pesawat pengangkut tim sepakbola Chapecoense yang jatuh di Gunung Cerro Gordo, La Union, Kolombia, Selasa (29/11). (foto AFP)
Reruntuhan pesawat pengangkut tim sepakbola Chapecoense yang jatuh di Gunung Cerro Gordo, La Union, Kolombia, Selasa (29/11). (foto AFP)

Medellin | rakyatmedan.com
Tim pencari dalam kecelakaan pesawat di Kolombia berhasil menemukan kotak hitam dari pesawat yang jatuh. Sementara jumlah korban tewas direvisi menjadi 71 orang.

Pesawat buatan Inggris, Avro RJ85 itu, membawa skuat klub sepakbola Brasil, Chapecoense. Mereka lepas landas dari Bolivia menuju Medellin, Kolombia pada Senin 28 November.

“Pilot mengajukan pendaratan darurat karena masalah mekanis, tetapi penyebab pasti jatuhnya pesawat masih belum diketahui,” ujar seorang pejabat Brasil yang mengikuti proses pencarian korban, seperti dikutip UPI, Rabu (30/11).

“Kotak hitam dari pesawat bisa memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi. Rekaman data dan rekaman percakapan kokpit dari pesawat yang beroperasi sesaat sebelum jatuh, bisa membuka tabir tragedi ini,” jelasnya.

Enam orang dinyatakan selamat dari kecelakaan ini. Sebelumnya, pihak berwenang Kolombia menyebutkan lima penumpang ditemukan selamat, tetapi satu korban lainnya ditemukan dalam kondisi hidup setelah terjebak di bawah badan pesawat.

Sementara proses penyelamatan saat ini dihentikan karena jarak pandang yang minim. Sedangkan cuaca makin memburuk di sekitar lokasi kecelakaan. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif & terpercaya