Sayap kanan dari badan pesawat Singapore Airlines yang terbakar (rakyatmedan.com | Foto: Channel News Asia)
Sayap kanan dari badan pesawat Singapore Airlines yang terbakar (rakyatmedan.com | Foto: Channel News Asia)

Bahan Bakar Bocor, Singapore Airlines Mendarat Darurat di Changi

rakyatmedan.com
Pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ368 terpaksa berputar kembali dan mendarat darurat di Bandara Changi karena terbakar.
Pesawat jenis Boeing 777-300ER ini dijadwalkan berangkat dari Singapura pada 02.05 waktu setempat menuju Milan.
Seperti dilansir Channel News Asia, Senin (27/6), mesin sebelah kanan dari pesawat terbakar setelah melakukan pendaratan darurat. Tak ada korban tewas maupun luka dari 222 penumpang dan 19 awak pesawat.
Salah satu penumpang mengatakan, pesawat tersebut berbelok arah kembali ke Changi setelah dua setengah jam lepas landas karena ada kebocoran bahan bakar.
"Pilot mengatakan ia akan kembali karena mesin bocor di sisi kanan. Ia juga mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengaktifkan sisi mesin dan kami tak bisa terbang dengan keadaan seperti ini ke Milan," ujarnya lagi.
Ketika di dalam pesawat, semua penumpang ketakutan. Namun, pilot dan co-pilot memperingatkan untuk tetap tenang dan tetap menggunakan sabuk pengaman.
Setelah pesawat mendarat, para petugas pemadam kebakaran tiba dan langsung menyemprotkan busa. Api di sisi kanan pesawat berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar lima sampai 10 menit.
"Penumpang turun melalui tangga dan dibawa ke gedung terminal dengan bus. Penumpang akan dipindahkan ke pesawat lain dan tetap akan berangkat ke Milan hari ini," ujar pihak dari Singapore Airlines.
Maskapai ini juga mengatakan akan bekerja sama dengan pihak berwenang dalam penyelidikan kejadian ini.
Singapore Airlines pernah mengalami kecelakaan saat terbang dari Singapura menuju Los Angeles melalui Taipei pada 31 Oktober 2000, di mana kejadian itu menewaskan 83 orang dari 179 penumpang di dalamnya.

cna

Portal berita medan informatif & terpercaya