Kelas karyawan pancabudi  
Pelatih Inggris, Roy Hodgson. (rakyatmedan.com | AFP Photo: Paul Ellis)
Pelatih Inggris, Roy Hodgson. (rakyatmedan.com | AFP Photo: Paul Ellis)


Inggris Gagal, Hodgson Dibidik Klub Tiongkok
rakyatmedan.com
Belum selesai pemberitaan miris tentang terhempasnya Inggris dari Piala Eropa 2016, langsung muncul rumor baru yang cukup mengejutkan. Kabarnya, pelatih Roy Hodgson yang mengundurkan diri akibat kegagalan itu bakal direkrut klub Tiongkok.
Inggris terhempas dari Piala Eropa setelah ditaklukkan Islandia dengan skor 1-2 pada babak 16 besar, Selasa 28 Juni. Kekalahan itu cukup memalukan karena Islandia merupakan tim debutan dan minim pemain bintang.
Peluang Inggris untuk memenangkan pertandingan sebenarnya cukup besar. Pasalnya, mereka sempat berhasil mendominasi penguasaan bola dan memiliki peluang emas lebih banyak. Sayang Islandia punya senjata ampuh yang lebih baik, yaitu serangan balik yang sangat cepat.
Hodgson yang bertugas sebagai pelatih The Three Lions merasa menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas kekalahan tersebut. Tak ayal, jika akhirnya ia memutuskan untuk mengundurkan diri seusai pertandingan.
Berbeda dengan Inggris yang terpukul dengan kekalahan tersebut, Tiongkok malah melihat kegagalan itu sebagai peluang terbaik guna memajukan sepak bola di negaranya. Itu terjadi karena banyak klub di Tiongkok yang mendambakan bisa memiliki jasa kepelatihan Hodgson.
“Banyak klub di Tiongkok yang menginginkan pelatih berkelas dunia. Akan tetapi saya dengar, dia (Hodgson) tidak di jual untuk saat ini. Meski begitu, tentu masih banyak kesempatan untuk mendapatkannya. Klub-klub di sana pasti sangat senang untuk merekrut Hodgson,” ujar Eric Gao selaku Ketua Eksekutif Agensi Olahraga Tiongkok (iRENA).
“Hodgson adalah tipikal pelatih yang cocok melatih klub Liga Super Tiongkok (CLS). Saya sudah tahu klub-klub mana saja yang ingin berinvestasi untuk mendatangkannya. Sesuatu pasti terjadi dalam waktu dekat ini,” tambahnya.
“Klub-klub di Tiongkok ingin mengubah DNA sepak bolanya. Mereka ingin berinvestasi secara global sambil merekrut sponsor asing, pelatih asing serta para pemainnya juga. Mereka tidak menginginkan satu orang, tetapi dalam jumlah besar,” tandas Gao.
Sementara ini terdapat tiga klub yang tertarik merekrut Hodgson, yakni Beijing Guoan, Shanghai Shenhua dan Hebei China Fortune. keinginan Tiongkok untuk mendatangkan pelatih berlevel dunia bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya sudah ada pelatih papan atas yang berada di sana. Seperti diketahui, mantan pelatih timnas Inggris Sven-Goran Eriksson direkrut Shanghai SIPG, kemudian mantan pelatih Chelsea dan timnas Brasil, Felipe Scolari sedang membesut Guangzhou Evergrande.

Dailymail

Portal berita medan informatif & terpercaya