Disdik Galau Disinggung Sekolah Pinggir Jalan Buat Macat
Disdik Galau Disinggung Sekolah Pinggir Jalan Buat Macat

Medan | rakyatmedan.com
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan terkesan galau saat dipertentangkan dengan keberadaan sejumlah sekolah-sekolah yang berdiri dipinggir-pinggir jalan inti Kota Medan yang selama ini menjadi penyebab kemacatan. Padahal, Disdik sendiri jauh-jauh hari merasa sudah mengingatkan sejak awal penerbitan izin pada sejumlah sekolah tersebut.

"Bukan saja sejak kasih izin, kita juga sudah ingatkan dalam setiap rapat rutin agar sekolah di pinggir jalan, pikirkan soal parkir," ujar Sekretaris Disdik Kota Medan, Ramlan Tarigan, Selasa (31/5) seusai menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi D bersama pihak sekolah Haiscope dikawasan Citra Garden Jalan Padang Bulan Medan.

Apakah Disdik dapat melakukan penahanan izin dengan tingkat 'crowded' dari sekolah-sekolah dipinggir jalan tersebut, menurut Ramlan hal itu tidak gampang dilakukan. "Hati nurani mereka saja, kita sudah ingatkan dalam rapat," tegasnya.

Sementara, anggota DPRD Kota Medan, Ilhamsyah yang juga Ketua Pansus lalulintas DPRD Kota Medan, mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk dapat menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) terhadap sekolah-sekolah
penyebab crowded lalu lintas Kota Medan. Meski disaat bersamaan pihaknya melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) lalulintas Kota Medan.

Karena, melalui Perwal akan ada sanksi administrasi dan pidana, bahkan bisa kepada pencabutan izin, terhadap sekolah-sekolah yang memang mengumpulkan banyak kenderaan sementara lahan parkir tak memungkinkan, "Itu akibat apa ?,"katanya.

"Kita harap dikaji ulang atas sekolah itu, karena gak realistis dengan jumlah siswa 300 orang, tapi parkir cuma tampung 50 kendaraan, ini harus dicari solusinya," harapnya. Portal Berita Medan Informatif dan Terpecaya(rm/03)