Sejumlah pemain Timnas Wales merayakan kemenangan.
Sejumlah pemain Timnas Wales merayakan kemenangan.

Libas Belgia 3-1, Wales Jumpa Potugal di Semifinal

rakyatmedan.com
Tim Nasional SepakBola Wales menantang Portugal di semifinal Euro 2016 setelah menyingkirkan Belgia dengan skor 3-1 pada babak perempatfinal di Stadion Pierre Mauroy, Lille Metropole, Prancis, Sabtu (2/7) dini hari WIB.
Wales menang berkat tiga gol yang disumbangkan Ashley Williams pada babak pertama, Hal Robson-Kanu dan Sam Vokes pada babak kedua.  Sementara satu-satunya gol Belgia dicetak Radja Nainggolan pada menit 13.
Statistik UEFA mencatat Wales memiliki 48 persen penguasaan bola berbanding 52 persen dengan tujuh sepakan on target sementara Belgia cuma melepaskan lima tendangan on target.
Wales akan menghadapi Portugal pada babak semifinal Euro 2016 yang akan digelar pada 7 Juli 2016 di Stade des Lumieres, Lyon, Prancis.
Pada jalannya laga, Belgia mencuri gol 1-0 lewat tendangan keras jarak jauh yang dilepaskan Radja Nainggolan saat pertandingan baru berumur 13 menit.
Namun Wales menyamakan kedudukan 1-1 berkat sundulan Ashley Williams yang menanduk umpan tendangan penjuru Aaron Ramsey pada menit 31.
Penyerang Wales, Gareth Bale, nyaris mencetak gol jika sepakan kaki kanannya dari serangan balik tidak diamankan kiper Belgia Thibaut Courtois pada menit 35. Skor 1-1 bertahan hingga jeda babak pertama.
Wales berbalik unggul 2-1 setelah Robson-Kanu mengecoh tiga bek Belgia kemudian melepaskan tembakan yang tidak mampu ditangkap Courtois pada menit 55.
Pasukan Chris Coleman menjauhkan skor menjadi 3-1 lewat sundulan Sam Vokes meneruskan umpan Gunter dari sayap kanan pada menit 86. Gol itu merupakan yang pertama dicetak Vokes sejak tahun 2009.
Belgia mencoba mengejar ketertinggalan namun waktu yang terisa tidak cukup sehingga Wales memastikan kemenangan 3-1 atas Eden Hazard dan kolega.

ant
portal berita medan
informatif & terpercaya