Ilustrasi
Ilustrasi

Mencari Hiburan di Ramadhan Fair, Ilham Tewas Kesetrum Listrik

Medan | rakyatmedan
Jenazah Ilham Ramadhan, korban tewas akibat tersengat listrik di acara penutupan Ramadhan Fair, Sabtu (2/7) malam, akhirnya dikebumikan keluarganya di tempat pemakaman umum (TPU) Jalan Halat Medan, Minggu (3/7).
Bocah berumur lima tahun itu dikebumikan setelah selesai disholatkan di Masjid Al Misbah, yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggalnya di Jalan Langgar, Gang Damai, Kecamatan Medan Area. Ilham tewas dengan kondisi yang mengenaskan.
"Keberadaan Ramadhan Fair perlu dievaluasi untuk di tahun mendatang. Kejadian mengenaskan ini merupakan tanggung jawab pemerintah, khususnya dinas pertamanan," kata Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga saat melayat ke rumah duka.
Ihwan sangat menyesalkan kejadian tersebut. Acara penutupan Ramadhan Fair yang turut dihadiri Walikota Medan, Dzulmi Eldin itu, tidak seharusnya terjadi jika dinas pertamanan selaku penyelenggara meningkatkan pengawasan.
"Jika mereka serius melakukan pengawasan maka insiden ini tidak sampai merenggut korban jiwa. Dinas pertamanan harus bertanggung jawab, dan bukannya diam seperti tidak mengetahui adanya insiden tersebut. Melayat pun tidak," kecam Ihwan.
Menurutnya, lokasi Ramadhan Fair di persimpangan Jalan Sisingamangaraja Medan dengan Jalan Masjid Raya, yang persisnya di samping Masjid Raya Medan, perlu dikaji ulang. Sebab, banyak warga yang datang ke lokasi Ramadhan Fair itu.
"Lebih baik jika acara Ramadhan Fair untuk tahun depan diadakan di seputaran Stadion Teladan. Selain itu, penyelenggara diharapkan tidak lagi lemah dalam melakukan pengawasan, utamanya menyangkut kabel listrik," jelasnya.
Seperti yang diketahui, Ilham tewas dalam pelukan orangtuanya, Jamali, saat perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Permata Bunda. Sebelum tewas, Ilham bersama orangtuanya itu mencari hiburan dengan mendatangi acara penutupan Ramadhan Fair.
Bapak dan anak itu berjalan mendekati pentas hiburan. Banyak pejabat yang hadir di lokasi tersebut. Saat sedang berdiri, Ilham tersengat aliran listrik setelah memegang kabel telanjang tiang lampu kolam milik Dinas Pertamanan Kota Medan.
Bocah malang itu kemudian kejang-kejang. Sekujur tubuhnya gosong. Orangtuanya menjerit histeris. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia menghembuskan nafas di dalam perjalanan.
Kepala Unit Reserse Polsek Medan Kota, AKP Martualesi Sitepu mengatakan, polisi masih menyelidiki tewasnya Ilham di Ramadhan Fair. Bahkan, petugas sudah melakukan policeline di lokasi tersebut.
"Kita sedang memintai keterangan sejumlah warga dalam kapasitas sebagai saksi. Penyebab tewasnya bocah berusia lima tahun itu nantinya akan diketahui. Penyelidikan sementara, korban tewas akibat tersengat listrik," sebutnya.
Orangtua Ilham, Jamali terlihat sangat terpukul atas musibah yang menimpa anaknya tersebut. Dia seperti tidak menduga bahwa anaknya akan berakhir di acara Ramadhan Fair. Jamali terlihat seperti menyesal mendatangi lokasi acara itu.
Dia berusaha tegar dalam menghadapi kenyataan pahit tersebut. Namun, berkali-kali dia menghusap matanya. Orangtua dari bocah malang itu seperti trauma, apalagi anak kesayangannya tersebut, menghembuskan napas terakhir di pelukannya.

sp
portal berita medan
informatif & terpercaya