BBM AMAN. Truk tanki pengangkut bahan bakar minyak (BBM)mendistribusikannya ke sejumlah SPBU. PT Pertamina memastikan pasokan BBM danelpiji selama bulan ramadhan dan lebaran dalam kondisi aman.
BBM AMAN. Truk tanki pengangkut bahan bakar minyak (BBM)mendistribusikannya ke sejumlah SPBU. PT Pertamina memastikan pasokan BBM danelpiji selama bulan ramadhan dan lebaran dalam kondisi aman.

Pasokan BBM Dijamin Aman

rakyatmedan.com

PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM dan elpijiselama bulan Ramadhan dan masa Lebaran tahun 2016 dalam kondisi aman.

Untuk menjaga agar tidak terjadi kelangkaan, Pertamina telahmemperbanyak outlet penjualan Bahan Bakar Khusus (BBK) baik dalam bentuk curahataupun kemasan.

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoromengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pertamina telah memproyeksikanpeningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada H-15 hingga H+15 Lebaran.

Kenaikan rata-rata konsumsi BBM mencapai 15 persen darikonsumsi harian biasanya. Konsumsi harian normal biasanya mencapai 71.906 Kldan akan naik menjadi 82.496 KL. Sedangkan konsumsi untuk Solar diprediksi akanturun sekitar 12 persen dari rata-rata harian normal 35.173 KL menjadi 31.118KL.

“Prediksi Pertamina,Konsumsi BBM jenis Premium akan naik 15 persen, Solar justru turun sekitar 12persen, karena truk-truk banyak yang dilarang beroperasi,” ujar Wianda diKantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (3/6).

Sedangkan untuk Pertamax, Pertamina juga memprediksikonsumsinya akan meningkat sekitar 17 persen, menjadi 12.000 KL dari konsumsiharian dan Pertalite akan melonjak 43 persen menjadi 10.200 KL per hari. UntukLPG, konsumsi akan meningkat H-15, proyeksi kenaikan sekitar 9 persen darirata-rata harian normal 20.866 MT menjadi 22.622 MT.

“Konsumsi LPG naik sebelum lebaran, karena banyak yangmembuat kue lebaran atau masak ketupat,” katanya.

Walau konsumsi akan meningkat pada masa Lebaran, Pertaminajuga menjaga agar stok BBM dan LPG nasional dalam kondisi aman. Ketahanan stokPremium akan mencapai 17 hari, Solar 28 hari, dan Avtur 25 hari. Seiring denganpeningkatan konsumsi Pertamax dan Pertalite, Pertamina menjaga stok Pertamax 25hari, Pertalite 7 hari, LPG 17 hari.

Agar tidak terjadi penumpukan pembeli BBM pada satu SPBU,pada masa Lebaran nanti Pertamina juga telah menyiapkan beberapa titik-titikSPBU kantong beberapa wilayah yang dilewati jalur pemudik. Serta menyediakan 32titik SPBU Transit khusus sepeda
motor. Portal Berita Medan Informatif dan Terpecaya (rm/01)