Badai Topan Hantam Taiwan, 15 Ribu Orang Dievakuasi

50
Petugas penyelamat berusaha mengevakuasi setelah badai di Taiwan (Foto: AFP)
Petugas penyelamat berusaha mengevakuasi setelah badai di Taiwan (Foto: AFP)

Badai Topan Hantam Taiwan, 15 Ribu Orang Dievakuasi

rakyatmedan.com
Badai topan besar melanda Taiwan pada Jumat 8 Juli pagi waktu setempat. Badai ini menyebabkan satu orang tewas dan 66 lainnya luka-luka.
Seperti dilansir CNN, Jumat (8/7), badai Nepartak menghantam pantai timur Taiwan diawali hujan deras dan angin selama beberapa jam sebelumnya. Badai ini juga membuat tanah longsor di beberapa daerah.
Bangunan dan mobil-mobil di jalan hancur oleh badai terbesar di Taiwan tersebut. Sebanyak 15.000 orang juga telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman.
Kantor-kantor dan sekolah tutup pada hari ini (Jumat 8 Juli) dan ratusan penerbangan dibatalkan di dua bandara utama di Taipei.
Kondisi terparah berada di Taiwan tengah dan Taiwan selatan. Badai Nepartak ini diperkirakan akan menyerang pusat kota Taipei dan sampai di Tiongkok timur.
Sejauh ini, pemadaman listrik telah dilakukan pada 1.300 rumah di Taiwan. Warga pun menyebut Taiwan seperti kota mati akibat badai ini.
Badai Nepartak adalah badai yang cukup ditakuti di Taiwan. Bencana ini adalah yang terbesar bagi Taiwan di 2016.
Pada 2015, badai Dujuan menewaskan tiga orang dan menyebabkan 300 lainnya luka-luka. Pada 2009, topan Morakot menewaskan lebih dari 600 orang dan sebagian dari mereka terkubur di tanah longsor.

cnn
portal berita medan
informatif & terpercaya