Kelas karyawan pancabudi  
Ilustrasi
Ilustrasi


Minyak Mentah Menguat Tipis
rakyatmedan.com
Harga minyak mentah dunia naik tipis di perdagangan Jumat waktu setempat. Namun minyak Brent mencatat penurunan mingguan terbesar dalam hampir enam bulan, karena data pekerjaan AS yang kuat.
Reuters melansir, Sabtu (9/7), pasar minyak awalnya naik sekitar satu persen atau lebih setelah ekonomi AS membukukan keuntungan pekerjaan terbesar dalam delapan bulan pada Juni. Keuntungan ini terjadi di tengah kekhawatiran tentang serangan militan pada infrastruktur minyak Nigeria.
Selain itu, kekhawatiran kelebihan pasokan, muncul kembali dengan data yang menunjukkan jumlah rig minyak AS naik dalam 10 minggu terakhir ini. Pengebor menambahkan rig untuk minggu kelima, di mana analis memprediksi adanya kemerosotan dalam pengeboran selama dua tahun akan mulai naik tipis awal tahun depan.
Harga minyak mentah berjangka Brent LCOc1 mengakhiri sesi dengan naik tipis 36 sen atau 0,8 persen menjadi USD46,76 per barel, setelah diperdagangkan antara USD47,23 dan USD46,15 per barel.
Sementara harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) berjangka CLc1 ditutup naik 27 sen ke USD45,41, dibandingkan dengan penurunan sebelumnya di posisi USD44,77 dan level tertinggi USD45,97 per barel.
Kedua benchmark minyak sempat turun hampir delapan persen untuk minggu ini, slide mingguan terbesar untuk Brent sejak Januari dan penurunan mingguan terbesar untuk WTI sejak Februari.
Minyak mentah berjangka berada sekitar 75 persen di atas 12 tahun terendah, dari USD27 untuk Brent dan USD26 untuk WTI memukul pada kuartal pertama. Tetapi pasar telah berbalik arah sejak menyentuh di atas USD50 karena kekenyangan produk olahan diganti kekhawatiran tentang kelebihan pasokan minyak mentah.
Adapun harga minyak berjangka mencapai posisi terendah dua bulan, dengan WTI menembus di bawah support kunci dari USD45,83 setelah penarikan mingguan minyak mentah di luar AS yang tampak tidak memadai untuk meredakan kekhawatiran investor.

reuters
portal berita medan
informatif & terpercaya