Maskapai penerbangan Lion Grup.
Maskapai penerbangan Lion Grup.

Cuaca Buruk, Lion Air Jakarta-Tanjungpinang Mendarat Darurat di Batam

rakyatmedan.com
Cuaca buruk memaksa pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-0620 rute Jakarta-Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.
"Tadi di bandara tujuan cuaca buruk, jadi pilot mendaratkan pesawat di sini," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin (11/7).
Pesawat tersebut, berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 8.30 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang pukul 10.15 WIB. Namun, karena cuaca buruk, pesawat tersebut, Boeing 737-800 yang mengangkut 147 penumpang itu mendarat di Hang Nadim sekitar pukul 10.00 WIB.
"Kalau cuaca sudah baik akan segera kembali diterbangkan ke Bandara Raja Haji Fisabilillah sebagai bandara tujuan," kata dia.
Mengenai jadwal penerbangan di Hang Nadim Batam, kata dia, hingga Senin siang masih normal belum terganggu mendung dan hujan.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam melalui laman resminya memperkirakan hujan masih akan terjadi di seluruh wilayah Kepri.
Hal tersebut dipengaruhi terjadinya daerah pusat tekanan rendah (low pressure area) di sekitar Laut Tiongkok Selatan mengakibatkan terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepuluan Riau yang berpotensi memupuk banyak massa udara.
Hal ini mendukung pertumbuhan banyak awan. Nilai kelembapan udara atas yang cukup tinggi juga semakin menambah peluang pertumbuhan banyak awan.
Meski demikian, secara umum kondisi tersebut masih kondusif untuk aktivitas moda transportasi darat dan udara, sementara oprator moda transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati terhadap arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Bintan, Lingga dan Natuna.

ant
portal berita medan
informatif & terpercaya