Kelas karyawan pancabudi  
Gunung Sinabung mengeluarkan material vulkanik, di Desa Jeraya, Karo, Rabu (6/7). (Foto: Ant: Maz Yons)
Gunung Sinabung mengeluarkan material vulkanik, di Desa Jeraya, Karo, Rabu (6/7). (Foto: Ant: Maz Yons)


Pengungsi Korban Erupsi Sinabung Direlokasi ke Siosar

rakyatmedan.com
Sekitar 9.000 warga Karo yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung sampai kini masih bertahan sejumlah lokasi pengungsian. Untuk meminimalisasi permasalahan kehidupan pengungsi, setidaknya pemerintah sudah merelokasi warga dari tiga desa ke lokasi baru di Kecamatan Siosar, Karo secara bertahap sambil menanti Gunung Sinabung dalam keadaan normal.
Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Karo, Sarjani Tarigan, Kamis (14/7). Ketiga desa yang warganya sudah direlokasi ke wilayah Siosar adalah warga dari Desa Simacem, Desa Bakerah, dan Desa Suka Meriah.
“Kita harapkan secara berangsur-angsur dan secara mandiri warga pengungsi lainnya bersedia direlokasi ke Siosar,” ujar Sarjani.
Pemkab Karo sampai saat ini, katanya, masih menampung 9000-an pengungsi ini di dua wilayah yakni Kota Berastagi dan Kota Kabanjahe. “Kita masih tampung mereka di sembilan titik lokasi pengungsian,” jelasnya.
Koordinator Pengungsi di Posko Gedung KNPI Karo, Baliukur Tarigan meminta Pemerintah Karo secara konsisten memenuhi kebutuhan normatif dan pasokan untuk para pengungsi terutama anak-anak dan perempuan.
Menurut dia, sejumlah pengungsi sering mengalami sakit, namun tidak selalu tersedia obat-obatan yang lengkap. Demikian pula kebutuhan untuk anak-anak seperti susu dan pampers juga diharapkan dapat terus tersedia.
Menanggapi hal ini, Sarjani Tarigan tidak membantah terjadi keterlambatan pasokan kebutuhan para pengungsi. Menurut dia, keterlambatan pasokan tersebut adalah hal yang lumrah.
“Proses pengesahaan APBD Karo juga mempengaruhi keterlambatan itu. Tapi para pengungsi tidak usah khawatir bahwa Pemkab Karo dan Pemprop Sumut dan Pemerintah Pusat telah menjamin kebutuhan hidup para pengungsi tetap terjamin,” katanya.

miol
portal berita medan
informatif & terpercaya