Truk yang menyeruduk di kerumuman perayaan Bastile, di Nice, Prancis.
Truk yang menyeruduk di kerumuman perayaan Bastile, di Nice, Prancis.

Teror Prancis, 73 Orang Tewas Akibat Diseruduk Truk Kontainer

rakyatmedan.com
Puluhan orang tewas dan beberapa orang luka-luka ketika sebuah truk "menabrakkan diri" dan melepaskan tembakan ke kerumunan warga yang tengah berkumpul merayakan Hari Bastile di Kota Nice, Prancis. Korban jiwa saat ini mencapai 73 orang.
Polisi setempat telah menembak tewas pelaku penyerangan yang juga mengendarai truk dengan kecepatan tinggi ke arah Promenade des Anglais.
Kepala Pemerintahan Setempat mengatakan, pelaku penyerangan menembakkan senjata api di tengah keramaian. Usai insiden, ditemukan pula senjata dan granat di truk yang dikendarai pelaku.
Sementara itu, anggota parlemen Eric Ciotti mengatakan inisiden ini sebagai "Sebuah kejadian yang menakutkan." Ia juga menyebut, truk yang dikendarai pelaku melaju dengan kecepatan penuh sebelum akhirnya dihentikan polisi.
Salah satu saksi mata mengatakan, "Truk datang zig-zag sepanjang jalan. Kami berlarian menuju hotel dan bersembunyi di toilet dengan banyak orang," ujarnya.
Sementara itu, seorang jurnalis, Damien Alleman melaporkan, "Orang-orang berlarian. Ini sebuah kepanikan. Dia (pelaku naik ke arah Prom dan menabrakkan diri) ke kerumunan. Di sana orang-orang bersimbah darah. Pasti banyak yang terluka," tuturnya.

reuters
portal berita medan
informatif & terpercaya