Pemerintah Sediakan Hunian Sementara 10 Ribu Pengungsi Sinabung

28
Pengungsi Gunung Sinabung
Pengungsi Gunung Sinabung.

Pemerintah Sediakan Hunian Sementara 10 Ribu Pengungsi Sinabung

Medan | rakyatmedan.com
Pemerintah akan menyediakan hunian sementara berkapasitas 10 ribu pengungsi. Pendirian hunian sementara ini untuk menampung para pengungsi erupsi Gunung Sinabung.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei mengatakan, pemerintah telah menyewa lahan untuk hunian sementara itu dengan jangka waktu lima tahun. Bangunan dirancang agar bertahan lima tahun.
“Kami merancang hingga lima tahun karena tidak tahu kapan erupsi akan berakhir,” ucap Willem, di lokasi relokasi Siosar, Merek, Kabupaten Karo, Jumat (15/7).
Menurut Willem, sesuai jadwal dan kerangka kerja, hunian sementara diharapkan rampung pada November 2016. Dana untuk pembangunan hunian sementara sudah tersedia. Bahkan dana dari pemerintah pusat sudah ditranfer ke pemerintah daerah.
“Pemerintah pusat akan terus melakukan pendampingan, termasuk menyediakan peralatan dan tenaga ahli. Pemerintah pusat selalu memberikan dukungan penuh kepada pemda,” urainya.
Tak hanya hunian sementara, pemerintah juga menyediakan relokasi mandiri bagi 1.903 kepala keluarga (KK) pengungsi yang ikut program ini. Jumlah itu tidak boleh berubah lagi. Sebelumnya, angkanya terus berubah-ubah, dari awal 1.683 KK menjadi 1.800-an KK.
“Jadi, yang disepakati menjadi 1.903 KK, tidak boleh berubah lagi. Pemda akan mengklarifikasi dulu persoalan lahan (untuk relokasi mandiri), anggaran sudah tersedia, desainnya sudah. Masalahnya tinggal di persoalan lahan. Ditargetkan hunian tetap relokasi mandiri dapat diselesaikan akhir tahun ini,” kata Willem.

mtv
portal berita medan
informatif & terpercaya