12 Ribu Desa Belum Ada Aliran Listrik

39
Menteri ESDM Sudirman Said.
Menteri ESDM Sudirman Said.

12 Ribu Desa Belum Ada Aliran Listrik
rakyatmedan.com
Menteri ‎Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, sebanyak 12 ribu desa belum teraliri oleh listrik. Padahal, 60 persen dari total 12 ribu desa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi jika nantinya aliran listrik disalurkan dengan baik.
“Ada 12 ribu desa juga belum bisa dialiri listrik. 60 persen ada di pusat-pusat pertumbuhan yang jauh dari perhatian perusahaan dan pemangku kebijakan,” ujar Sudirman, di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (16/7).
Sudirman mengakui, tidak mudah mencari solusi persoalan keberadaan energi. Maka dari itu, perlu kerja sama dengan banyak pihak agar program keberadaan ketenagalistrikan ini tercapai dengan baik.
“Apabila sebagian besar teraliri listrik, maka daerah tersebut dapat mulai berkembang, dan menjadi penggerak ekonomi dalam negeri. Kita bicara energi, program ini kita desain untuk mencari‎ solusi daerah paling sulit untuk energi. Energi dan listrik menjadi pembeda mana masyarakat yang tidak terekspos peradaban dan mana yang belum,” jelas Sudirman.
Di sisi lain, dia menyatakan jika target ekonomi Indonesia dalam APBN-P 2016 di posisi 5,2 persen‎ bisa saja lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan.
“Pertumbuhan ekonomi lima persen bukan ideal tapi sudah luar biasa. Kita punya 250 juta penduduk akan menjadi nilai tambah dan juga sumber daya mineral (SDM). Apabila diurus dengan baik. Saya tidak kaget karena masuk akal hitungannya,. Tapi potensi ini masih diganggu dengan diskon dan praktik korupsi,” tegas Sudirman.
Demi mencapai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ideal, lanjut Sudirman, pemerintah memerlukan SDM yang berkualitas. Karena dengan SDM yang mumpuni, maka pemuda itu bisa melihat dan mengukur langsung persoalan bangsa.
“Pesan mengenai pemimpin dan manager. Pemimpin itu bekerja dengan hati. Manager bekerja dengan target dan mengelola kinerja. Butuh jalan yang berliku untuk mencapai target, apalagi untuk sektor energi, tapi butuh upaya keras untuk capai itu,” tutup Sudirman.

mtv
portal berita medan
informatif & terpercaya