Mentan Akan Potong Dana Pertanian untuk Daerah Tak Produktif

21
Menteri Pertanian Amran Sulaiman .
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Mentan Akan Potong Dana Pertanian untuk Daerah Tak Produktif

Medan | rakyatmedan.com
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengingatkan akan mengurangi alokasi anggaran pertanian untuk daerah yang tak produktif.
“Kalau produksi bahan pangan di daerah turun, maka saya akan menurunkan juga bantuan dana anggaran dan alat mesin pertanian,” kata Amran di Medan, Senin (25/7).
“Kalau produksi bahan pangan di daerah turun, maka saya akan menurunkan juga bantuan dana anggaran dan alat mesin pertanian,” ujarnya.
Menurut Amran, upaya swasembada dan peningkatan produksi pangan sudah keharusan, mengingat kebutuhan yang meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk.
“Jadi peningkatan produksi pamen memang harus serius dilakukan oleh yang terkait,” ucapnya.
Dia mengaku serius melakukan tindakan pengurangan bantuan anggaran ke daerah yang produksinya berkurang.
Amran memberi contoh pengurangan anggaran untuk Sumut di tahun 2016. Pada tahun 2016, anggaran sektor pertanian untuk daerah itu tinggal Rp854 miliar dari tahun 2015 yang masih Rp1,15 triliun.
Penurunan anggaran karena Dinas Pertanian Sumut tidak bisa menaikkan produksi padi dan malah turun dari tahun 2O15.
Pengurangan anggaran tentu disayangkan sehingga harusnya Dinas Pertanian Sumut harus meningkatkan produksi.
Mentan berharap Gubernur Sumut H T Erry Nuradi melakukan hal sama yakni menurunkan anggaran ke pemerintah kabupaten/kota yang tidak bisa mempertahankan dan meningkatkan produksi tanaman pangan.
Dia menjelaskan, pada tahun ini realisasi anggaran pertanian yang sudah diserahkan ke petani sudah mencapai Rp4,3 triliun dari anggaran belanja Kementerian Pertanian yang sebesar Rp27,58 triliun.
“Kementan siap menambah anggaran atau memberi bantuan untuk kepentingan peningkatan produksi di daerah yang serius menjalankannya,” tgeasnya.

ant
portal berita medan
informatif & terpercaya