Pasukan Khusus AS Terima Kandidat Perempuan Pertama

51
Perempuan di militer AS
Perempuan di militer AS

Pasukan Khusus AS Terima Kandidat Perempuan Pertama

rakyatmedan.com
Pasukan khusus Amerika Serikat (AS) akhirnya membuka peluang untuk anggota perempuan pertama dalam kesatuan mereka. Dua perempuan akan mengikuti seleksi pasukan khusus Angkatan Darat AS.
“Mereka ada dua perempuan yang menjalani pelatihan untuk seleksi masuk pasukan khusus,” ujar Jurubicara United States Army John F. KenAedy Special Warfare Center and School, Mayor Melody Faulkenberry, Selasa (26/7).
Namun Faulkenberry tidak menjelaskan secara detail identitas dari kandidat tersebut. Keduanya akan menjalani pelatihan keras untuk menjadi anggota Baret Hijau Angkatan Darat AS, yang dikenal ganas.
Masuknya dua kandidat perempuan ini merupakan buah keputusan dari pemerintahan Presiden Barack Obama yang membolehkan posisi tempur bisa diisi oleh siapa pun, termasuk oleh perempuan. Aturan tersebut aktif mulai 2016, termasuk untuk infanteri dan pasukan khusus.
Marinir AS sudah meminta untuk pengecualian, tetapi hal tersebut ditolak Menteri Pertahanan Ashton Carter. Dua prajurit marinir perempuan sudah memegang peran di garis depan pada Mei lalu, meskipun butuh waktu bagi mereka untuk menyesuaikan diri.
Aturan menyebutkan bahwa kader kepemimpinan perempuan harus dibentuk dalam unit tempur setidaknya sebelum tiga bulan.
Meskipun sebelum tentara perempuan kerap berada situasi tempur di Irak dan Afghanistan, mereka tetap dilarang untuk berada di garis depan pertempuran.

afp
portal berita medan
informatif & terpercaya