Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Antara/Yudhi Mahatma.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Antara/Yudhi Mahatma.

Kapolri Pastikan Karo Aman Terkendali
rakyatmedan.com
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan suasana di Kabupaten Karo sudah terkendali dengan baik. Konflik yang muncul sudah diselesaikan.
Tito menceritakan, kerusuhan di Karo dipicu penolakan massa terhadap rencana relokasi mandiri korban erupsi Gunung Sinabung di Desa Lingga. Akibat konflik itu, satu warga meningal dunia. Tidak hanya itu alat berat juga dibakar massa.
Tito mengungkapkan, warga Desa Lingga belum berkenan direlokasi. Menurutnya, lahan yang disediakan  untuk relokasi hanya satu desa, sementara pengungsi itu dari empat desa.
“Masalah tanah. Mereka menolak dan mengharapkan agar relokasi dilaksanakan ditempat lain. Mungkin dialognya belum matang, ketika ada pengembang yang bangun pengungsian, warga langsung pasang pagar, dan bakar alat berat,” kata Tito di Bandara Halim Perdanakusuma‎, Jakarta Timur, Minggu (31/7).
Tito mengatakan, untuk meredam konflik, pihaknya melakukan pendekatan dengan dialog bersama warga setempat.
"Dialog sudah dilakukan melibatkan Wakapolda, Dandim, Kapolres, Bupati, DPR, dan lain-lain. Intinya warga menghendaki relokasi itu dibicarakan kembali yang di desa Lingga itu. Mereka memberikan saran agar relokasi pengungsi Gunung Sinabung, yang empat desa tadi ditempatkan di tempat lain," kata Tito.
Tito akan membicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah (Pemda) dan pusat agar keinginan warga difasilitasi. Sehingga ada titik temu yang memberikan harapan positif bagi masyarakat di sana.
"Sekarang semua sudah terkendali," ujar Tito.

mtv
portal berita medan
informatif
& terpercaya