Petugas Kebakaran Tewas Saat Selamatkan Penumpang Emirates

106
Jasim Issa Mohammed Hassan tewas setelah mengalami cedera selama upaya penyelamatan penumpang pesawat Emirates - foto: mirror.co.uk
Jasim Issa Mohammed Hassan tewas setelah mengalami cedera selama upaya penyelamatan penumpang pesawat Emirates. (foto: mirror.co.uk)

Petugas Kebakaran Tewas Saat Selamatkan Penumpang Emirates

rakyatmedan.com
Seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan tewas usai menyelamatkan 300 penumpang pesawat Emirates yang mendarat darurat dan terbakar di Bandara Internasional Dubai, Rabu (3/8).
Jasim Issa Mohammed Hassan tewas setelah mengalami cedera selama upaya penyelamatan itu. Penumpang dan awak pesawat berhasil diselamatkan seluruhnya.
Direktur Jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Saif Al Suwaidi mengatakan “Seorang petugas kebakaran kehilangan nyawanya saat menyelamatkan hidup orang lain,” dikutip, Kamis (4/8).
“Saya salut dengan pengorbanannya, doa kami bersama keluarganya,” tambah Al Suwaidi.
Hassan diketahui tengah membantu penyelamatan 300 penumpang pesawat Emirates yang mendarat darurat. Ketika penyelamatan itu, pesawat tiba-tiba meledak dan terbakar. Dia mengalami luka fatal dalam kobaran api itu.
Dalam sebuah pernyataan, General Civil Aviation Authority (GCAA) mengatakan:
“Pesawat Boeing 777 membawa 282 penumpang dengan 18 kru. Kami berterima kasih kepada Allah karena rahmat-Nya dan memastikan tidak ada korban jiwa di antara penumpang dan awak pesawat. Namun demikian kami sedih untuk mengumumkan bahwa salah satu petugas pemadam kebakaran kehilangan nyawanya saat menyelamatkan nyawa orang lain. Atas nama Otoritas Penerbangan Sipil, saya ingin mengucapkan belasungkawa kepada keluarga almarhum. Saya salut dengan pengorbanannya, doa kami bersama keluarganya,”
Kini, pihak berwenang tengah mencari penyebab kecelakaan itu.
Diketahui, pesawat dengan nomor penerbangan EK521 asal Bandara Thiruvananthapuram, India menuju Dubai itu sudah dibatalkan pendaratannya sebelum mendarat darurat. Pengawas kontrol udara sudah meminta pilot untuk membatalkan pendaratan di detik-detik pendaratan.
Namun, bukannya terbang lebih tinggi, pesawat justru mendarat tidak pada landasan dan kemudian terbakar. Belakangan diketahui roda pesawat tidak tampak meski sudah dalam posisi mendarat.
Kendati demikian, kru pesawat dipuji karena berhasil mengevakuasi penumpang pesawat dengan cepat.

mirror
portal berita medan
informatif & terpercaya