Suasana Taman USU yang berada di Depan Gedung Biro Rektor USU
Suasana Taman USU yang berada di Depan Gedung Biro Rektor USU

3.129 Peserta Rebut 795 Kursi Diploma USU
Medan | rakyatmedan.com
Sebanyak 3.129 peserta rebut 795 kursi mahasiswa baru jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma Universitas Sumatera Utara (SPMPD-USU) 2016 melalui ujian tulis di kampus USU, Padang Bulan Medan, Selasa (9/8).
Rektor USU Prof Dr Runtung SH MHum melalui Humas Bisru Hafi SSos MSi menyebutkan, dari 3.129 peserta itu terdiri dari 812 orang kelompok IPA, 1.645 IPS dan 672 orang IPC.
Peserta SPMPD-USU tersebut sebelumnya telah mendaftar pada laman website http://spmpd.usu.ac.id dan melakukan pencetakan kartu ujian.
Menurut Runtung, seluruh rangkaian pelaksanaan ujian tulis SPMPD USU yang digelar berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Apalagi lokasi atau tempat ujian ditempatkan di berapa fakultas di dalam kampus.
Ketua Panitia SPMPD USU Tahun 2016 Prof Dr Ir Rosmayati MS mengatakan, ujian tulis SPMPD ini berlangsung sejak pukul 08.00 -09.30 WIB yang diikuti kelompok IPA dan IPC dengan materi ujian Kemampuan IPA terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
Sementara pada sesi kedua, ujian dimulai pukul 10.30 s/d 11.30 WIB dengan materi Kemampuan Verbal Dasar yang diikuti ketiga kelompok ujian yaitu IPA, IPC dan IPS.
Dijelaskan Prof Rosmayati, materi kemampuan verbal dasar ini terdiri dari submateri uji Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar.
Sedangkan pada sesi terakhir ujian dimulai pukul 12.30 s/d 13.30 WIB dengan materi Kemampuan IPS yang terdiri dari pembahasan tentang Ekonomi, Geografi dan Sejarah.
Pada proses penerimaan mahasiswa jalur tersebut melalui tahapan pendaftaran SPMPD USU dimulai dari pembayaran biaya di Bank BNI sejak 27 Juli-Agustus 2016, selanjutnya pelaksanaan ujian tulis Selasa (9/8) dan pengumuman hasil ujian pada Selasa (16/8) melalui laman website http://spmpd.usu.ac.id atau www.usu.ac.id.
Program studi Diploma 3 yang merupakan program studi pilihan untuk kelompok IPA berada di Fakultas MIPA (FMIPA) terdiri dari program studi D-3 Stastistik, Teknik
Informatika, Fisika (Instrumentasi & Elektronika), Kimia, serta Metrologi dan Instrumentasi. Sedangkan di Fakultas Farmasi, ada program studi pilihan D-3 Analisis Farmasi danMakanan.
Untuk kelompok IPS, pilihan program studinya berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari program studi D-3 Akuntansi, Keuangan dan Kesekretariatan.
Selanjutnya di Fakultas Ilmu Budaya (FIB)terdiri dari program studi D-3 Pariwisata, Perpustakaan, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, serta di Fakultas ISIP (FISIP), ada satu program studi D-3 yaitu Administrasi Perpajakan.
Dengan demikian program studi yang menerima calon mahasiswa baru untuk Program Diploma Universitas Sumatera Utara pada Tahun Akademi 2016/2017 adalah sebanyak 14 program studi pilihan yang berada pada 5 fakultas yang ada di lingkungan kampus tersebut.
Melalui SPMPD diperkirakan USU akan menerima sebanyak 795 orang calonmahasiswa baru. Untuk informasi pengumuman hasil ujian tulis SPMPD dapat dilihat pada laman website http://spmpd.usu.ac.id atau www.usu.ac.id pada jadwal pengumuman tersebut. (rm-06)

portal berita medan
informatif & terpercaya