Pendidikan Politik Tidak Hanya Disandarkan pada Parpol

38
Acara Pendidikan Politik bagi Politisi Perempuan di Malang, Jawa Timur, Minggu (14/8).
Acara Pendidikan Politik bagi Politisi Perempuan di Malang, Jawa Timur, Minggu (14/8).

Pendidikan Politik Tidak Hanya Disandarkan pada Parpol

rakyatmedan.com
Pemerintah berperan penting melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. Karena itulah, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menggelar pendidikan politik termasuk untuk kaum perempuan, kelompok marjinal, dan disabilitas.

“Pendidikan politik tidak bisa kita sandarkan hanya pada partai politik (parpol), DPR, dan pers. Pemerintah harus turun tangan,” kata Pelaksana Tugas Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemdagri, Bahtiar Baharuddin.

Hal itu disampaikannya di sela Pendidikan Politik bagi Politisi Perempuan bertema Prospek dan Tantangan Perempuan dalam Agenda Demokrasi di Malang, Jawa Timur, Minggu (14/8).

“Pendidikan politik ini jadi prioritas Kemdagri sebagaimana arahan Bapak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Bapak Dirjen (Direktur Jenderal) Polpum, Soedarmo,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah ingin menyentuh kelompok-kelompok masyarakat yang secara alami tidak memungkinkan terjangkau parpol. “Harus ada kehadiran negara untuk lakukan percepatan pendidikan politik,” imbuhnya.

Menurutnya, optimalnya pendidikan politik akan berdampak positif pada kualitas demokrasi Indonesia. (sp)

portal berita medan
informatif & terpercaya