Panitia menyiapkan panggung apung di Danau Toba.
Panitia menyiapkan panggung apung di Danau Toba.

Meriahkan Karnaval Kemerdekaan, Panggung Apung Pertama Dibuat di Danau Toba

Parapat | rakyatmedan.com
Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 tak akan tanggung-tanggung menyuguhkan pertunjukan spektakuler buat masyarakat yang hadir. Panggung apung dibuat langsung di atas Danau Toba.

Ketua Harian Acara KKPDT 2016, Andre Opa Sumual‎ mengungkapkan, panggung apung yang dibuat nantinya akan digunakan musisi Indonesia menghibur masyarakat. Panggung apung ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

"Panggung terapung yang kita buat di atas air mampu menahan beban maksimal hingga 60 ton," ungkap Andre saat jumpa pers di Media Center KKPDT 2016, Hotel Inna Parapat, Parapat, Simalungun, Jumat (19/8) malam.

Panggung terapung itu kata Andre berjarak 10 meter dari bibir dermaga Pantai Bebas. Musisi yang bakal tampil akan dibawa menggunakan boat menuju panggung.

Dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Andre menuturkan ada tiga kegiatan utama. Hari pertama, Sabtu 20 Agustus akan dilangsungkan konser musik di Kota Parapat, tepatnya di Pantai Bebas. Selanjutnya pada Minggu 21 Agustus akan diadakan karnaval di Balige.

"Acara puncak, konser musik di Lapangan Sisingamangaraja yang dimeriahkan oleh Judika," beber Andre.

Para penonton yang hadir nantinya juga diminta menggunakan ulos. Hal ini untuk menambah kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016.

Diketahui acara akan diisi dengan festival makanan, parade perahu hias, demo masak hingga konser musik dari artis dan band papan atas Indonesia. Rangkaian acara yang siapkan merupakan kegiatan penutup perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti 26 provinsi di Indonesia serta beberapa kabupaten di Sumut.

"Kami harap acara ini memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 tahun," ujar Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi.

Fifi mengungkapkan karnaval ini merupakan lanjutan dari Karnaval Khatulistiwa yang dihelat di Pontianak, Kalimantan Barat 2015 lalu. Danau Toba dipilih menjadi tempat perhelatan lantaran danau terbesar di Indonesia itu merupakan destinasi wisata yang cukup populer.

Selain itu, Karnaval Kemerdekaan ini juga bagian dari promosi Danau Toba menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. "Melalui kegiatan ini, diharapkan Danau Toba kembali dikunjungi dan menjadi primadona bagi para wisatawan," tutur Fifi. (rm/mt)

portal berita medan
informatif & terpercaya