Bom Pesta Pernikahan Tewaskan 22 Orang di Turki

60
Ilustrasi
Ilustrasi

Bom Pesta Pernikahan Tewaskan 22 Orang di Turki

rakyatmedan.com
Bom meledak di dekat sebuah pesta pernikahan di Selatan Turki. Gubernur setempat menyebutkan sedikitnya 22 orang terbunuh dan 94 orang luka-luka akibat ledakan tersebut.

Seperti yang dilansir dari BBC.com, ledakan terjadi Kota Gaziantep pukul 18.30 waktu setempat. Pemerintah Turki menyebut aksi itu sebagai serangan teror dan dilakukan seorang pelaku bom bunuh diri.

Gaziantep merupakan salah satu tempat teramai di Kurdis. Jaraknya sekitar 64 kilometer dari perbatasan Suriah.

“Ada orang yang kehilangan hidupnya dan kami langsung menyebut ledakan tersebut sebagai serangan bom,” kata Mehmet Erdogan, anggota parlemen setempat, Sabtu (20/8).

Belum diketahui siapa yang bertangung jawab atas serangan tersebut. Erdogan hanya menambahkan, kemungkinan besar ledakan akibat bom bunuh diri.

Dia menerangkan, tipe serangan ini biasa digunakan Kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Gaziantep pun diketahui merupakan jalur pelarian warga Suriah.

Ini bukan pertama kali Turki dilanda serangan bom. Sebelumnya, sebuah bom bunuh diri membunuh dua polisi setempat pada Mei lalu.

Gubernut regional Ali Yerlikaya menyebut. insiden itu sebagai “serangan teror”, terjadi di lingkungan Akdere di distrik Sahinbey, menurut laporan kantor berita Anadolu.

Belum ada detail soal penyebab ledakan. Selama beberapa bulan terakhir, wilayah Turki bergejolak dengan rangkaian serangan bom dan percobaan kudeta yang gagal pada pertengahan Juli lalu.

Pada awal Juli, serangan bom yang diklaim oleh kelompok militan ISIS menewaskan 44 orang di Bandara Internasional Ataturk di Istanbul. Maret lalu, dua pengebom bunuh diri menewaskam 40 orang di Ibu Kota Ankara, serangan ini diklaim oleh kelompok Kurdi.

Wakil Perdana Menteri Turki, Mehmet Simsek, sebelumnya menyebutkan serangan itu diduga keras dilakukan oleh seorang pembawa bom bunuh diri.

Sementara, politisi partai yang berkuasa lainnya menyebut Negara Islam yang berada di belakang aksi berdarah ini.

Serangan ini adalah aksi terbaru dari serentetan tindak kekerasan dalam sepekan yang melanda kawasan tenggara Turki di mana komunitas Kurdi tinggal. (bbc/cnn/reuters)

portal berita medan
informatif & terpercaya