Kelas karyawan pancabudi  
Lifestage dikhususkan untuk remaja.
Lifestage dikhususkan untuk remaja.


Lifestage, Aplikasi Khusus Remaja dari Facebook

rakyatmedan.com
Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk menarik perhatian para remaja.

Aplikasi iOS yang disebut Lifestage ini menggunakan video untuk menjelaskan biografi penggunanya. Jadi, Anda tidak menjawab pertanyaan tentang diri sendiri melalui teks, tapi dengan membuat video pendek.

Setiap kali seorang pengguna melakukan update informasi, akan muncul notifikasi di beranda pengguna lain, mengajak mereka untuk melihat update itu. Satu hal yang membedakan media sosial ini dari yang lain adalah karena ia hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang berumur tidak lebih dari 21 tahun.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, aplikasi ini dibuat oleh seorang remaja berumur 19 tahun bernama Michael Sayman. Sekarang, dia menjabat sebagai Product Manager.

Pada TechCrunch, dia berkata bahwa dia ingin meniru kehebohan Facebook saat pertama kali muncul dan penggunaannya terbatas untuk para mahasiswa. Di Lifestage, jika Anda berumur di atas 21 tahun, Anda hanya akan dapat melihat profil sendiri tanpa dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Sayman berkata, dia berharap Lifestage dapat berkembang dengan terhubung ke SMA lokal. Di Lifestage, Anda dapat memilih SMA Anda. Namun, Anda tidak akan dapat melihat pengguna lain sampai ada setidaknya 20 orang dari sekolah Anda yang juga menggunakan aplikasi ini.

Sayangnya, masih belum diketahui bagaimana Lifestage akan mencegah orang berumur 22 tahun ke atas masuk ke dalam aplikasi ini. Dalam proses pembuatan akun, Lifestage menyebutkan bahwa ia tidak bisa mengonfirmasi apakah seseorang memang benar menjadi siswa di sekolah yang mereka sebutkan. Namun, di sini, Anda hanya bisa memilih sekolah satu kali dan Anda tidak bisa menggantinya.

Lifestage tampaknya juga memiliki fitur pemblokiran dan pelaporan yang sering digunakan. Fitur ini dibuat dengan tujuan untuk memastikan agar orangtua atau pihak lain yang tidak diinginkan untuk ikut serta menggunakan aplikasi ini.

Sebagai media sosial yang hanya berisi remaja, Lifstage harus bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul seperti cyber bullying dan pelecehan. (rm/mt)

portal berita medan
informatif & terpercaya