Mantan Presiden Singapura Sellapan Ramanathan
Mantan Presiden Singapura Sellapan Ramanathan.

Mantan Presiden Singapura Meninggal Dunia
rakyatmedan.com
Sellapan Ramanathan, presiden keenam Singapura dengan durasi kepemimpinan terlama yakni sejak 1999 hingga 2011, meninggal dunia di usia 92 tahun, Senin (22/8).

Sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press, politisi yang sangat populer dengan sebutan S.R. Nathan itu sempat dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis setelah mengalami serangan stroke pada 31 Juli lalu dan terus berlanjut hingga serangan yang kedua dalam 2 tahun terakhir.

"Tuan Nathan meninggal dunia dengan tenang di Rumah Sakit Umum Singapura," demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri Singapura.

Ramanathan menjabat berbagai posisi kunci dalam pemerintahan Singapura, termasuk Komisioner untuk Malaysia di tahun 1988, dan pada periode 1990-1996, ia menjadi Duta Besar Singapura untuk Amerika Serikat.

Sosok Sellapan dikenal oleh Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong sebagai contoh figur yang sukses dan gigih dalam memperbaiki nasibnya, termasuk kontribusinya kepada masyarakat.

Dalam akun Facebooknya PM Singapura menulis "Ia (Ramanathan-red) adalah presiden yang hangat dan akrab. Saya mengenang dirinya sebagai pria yang sangat berdedikasi mengabdi kepada bangsa. Ia selalu siap menunaikan tugas negara. Ia adalah putra kebanggaan Singapura," tambahnya seperti dikutip PerthNow.com.au.

Ramanathan meninggalkan seorang istri, seorang putra dan putri, serta tiga orang cucu. Pemerintah Singapura akan melangsungkan pemakaman kenegaraan untuk Ramanthan dalam waktu dekat. (rm/ant)

portal berita medan
informatif & terpercaya\