Warga yang diselamatkan dari puing bangunan yang hancur (Foto: Reuters)
Warga yang diselamatkan dari puing bangunan yang hancur (Foto: Reuters)

Korban Gempa Italia Terus Bertambah
rakyatmedan.com
Korban tewas akibat gempa yang melanda Italia terus bertambah. 38 orang tewas dalam kejadian ini, sementara 150 lainnya dilaporkan hilang.

Gempa ini dikabarkan menyebabkan kehancuran dari setengah Kota Amatrice. Wali Kota Amatrice, Sergia Pirozzi menyebutkan tiga perempat dari kota saat ini sudah tidak ada lagi.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa 6,2 SR, pada Rabu 24 Agustus pukul 3.36 pagi waktu setempat.

Wilayah terparah yang terkena imbas gempa berada di Amatrice, Accumoli dan Pescara del Tronto. Pejabat di Amatrice dan Accumoli melaporkan korban tewas mencapai 13 jiwa, sementara kantor berita ANSA mengatakan 10 orang lainnya tewas di Pescara del Tronto.

Pusat Kota Amatrice dikabarkan hancur lebur, dengan hampir seluruh gedung rata dengan tanah. Sementara udara di sekitar wilayah tersebut dipenuhi debu tebal dan bau gas tercium sangat terasa.

Batu dan besi juga tampak memenuhi jalan. Warga yang kebingungan akibat gempa yang terjadi, berkumpul bersama di saat gempa susulan masih terus mengguncang.

PM Italia Fokus Selamatkan Warga yang Terkena Gempa
Perdana Menteri Italia Matteo Renzi mengatakan, saat ini prioritas utama setelah negaranya diguncang gempa adalah mencari korban selamat.

"Untuk bebarapa hari ke depan prioritas utama adalah mencari warga yang masih selamat. Saya akan mengunjungi lokasi gempa," pungkas PM Renzi.

Dalam pernyataan singkatnya Renzi mengucapkan terima kasih kepada para pekerja yang menggali puing-puing untuk mencari korban.

"Dalam waktu sulit, Italia menunjukkan wajah aslinya. Tidak ada keluarga, kota yang akan ditinggal sendiri," tegas Renzi.

Pemimpin negara di Eropa pun menyatakan belasungkawa atas bencana yang terjadi. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan siap memberikan bantuan kepada Italia.

Hal senada juga diutarakan oleh Presiden Prancis Francois Hollande, yang siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan oleh Italia. Hollande menyebut bencana ini adalah bentuk tragedi yang buruk. (rm/mt)

portal berita medan
informatif
& terpercaya