Direktur Utama PLN Sofyan Basir. (foto ant: Reno Esnir)
Direktur Utama PLN Sofyan Basir. (foto ant: Reno Esnir)

PLN Kaji Syarat Jaminan 10% untuk IPP Lokal

rakyatmedan.com
PT PLN (Persero) akan mengkaji ulang syarat jaminan 10 persen yang dibebankan kepada pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) lokal.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, baru saja bertemu dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) yang keberatan bila jaminan tersebut diberlakukan untuk IPP lokal.

Oleh karenanya, Sofyan akan mengubah persyaratan jaminan 10 persen tersebut kepada IPP lokal dengan menurunkan persentase jaminannya, asalkan IPP lokal memang benar-benar berpengalaman.

"Lokal yang kecil-kecil kita bahas, mungkin kita turunkan, tapi ada syarat lain bahwa mereka harus berpengalaman," kata Sofyan di Kantor Menko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (26/8) malam.

Dalam pertemuan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan itu, Sofyan menegaskan kepada APLSI, untuk IPP yang sudah masuk tahap financial closing untuk segera melakukan tahap konstruksi.

"Kami juga minta apa yang sudah ditandatangani, sudah financial closing, harus ditepati segera. Yang ditandatangani 10.000-12.000 megawatt (mw) harus sudah jalan di lapangan," jelas Sofyan.

Penegasan ini diungkapkan Sofyan karena dirinya tidak mau proyek jalan tol terjadi di dalam pembangunan megaproyek 35 ribu mw ini. "Kalau tidak, persyaratannya kan jadi lemah. Ingat proyek jalan tol, mereka dapat surat lalu keliling, 15 tahun tidak selesai, kami menghindari itu," ucap Sofyan.

Sementara itu, Luhut mengatakan, jaminan 10 persen untuk IPP lokal bisa saja dihapuskan jika kapasitasnya di bawah 100 MW. Hal tersebut dilakukan agar menghidupkan pengusaha-pengusaha dalam negeri.

"Untuk di bawah 100 MW, PLN akan memberi perlakuan-perlakuan khusus untuk pengusaha domestik. Misalnya mereka tidak perlu kasih jaminan 10 persen. kasih berapa nanti dihitung lagi, Itu untuk menghidupkan pengusaha dalam negeri," pungkas Luhut. (rm/mt)

portal berita medan
informatif & terpercaya