Kelas karyawan pancabudi  
MIT mengembangkan teknologi sistem jaringan nirkabel lebih cepat dan dengan cakupan lebih luas.
MIT mengembangkan teknologi sistem jaringan nirkabel lebih cepat dan dengan cakupan lebih luas.


WiFi Baru Ciptaan MIT Bisa 330% Lebih Cepat

rakyatmedan.com
‎MIT Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL) mengumumkan pengembangan sistem terbaru terkait dengan teknologi nirkabel, bernama MegaMIMO 2.0.

Teknologi ini menjanjikan kecepatan data tiga kali lebih cepat dan cakupan dua kali lebih luas.

MegaMIMO 2.0 menggunakan sejumlah transmitter dan receiver yang berfungsi secara simultan. Hal ini memungkinkannya mengirimkan lebih banyak sinyal pada saat bersamaan.

Selama pengujian menggunakan laptop, sistem ini mampu meningkatkan kecepatan transfer data sebesar 330 persen, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Teknologi ini juga diklaim dapat menyelesaikan permasalahan spektrum yang umumnya terjadi di jaringan nirkabel. Selain itu, teknologi ini dikembangkan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh profesor Dina Katabi, dan ditujukan untuk menangani kemacetan lalu lintas jaringan, dengan mengambil sinyal dari smartphone dan meniru teknologi Multiple-Input Multiple-Output (MIMO).

Sementara itu, teknologi WiFi MIT ini menempatkan sejumlah router yang bekerja secara bersamaan, dan mentransmisikan data melalui bagian spektrum yang sama. Transmisi ini dapat mengurangi permasalahan terkait dengan keterbatasan bandwidth.

Dapat menyuguhkan layanan WiFi dengan kecepatan lebih cepat, penemu sistem ini menyebut teknologi ini lebih sesuai untuk ajang dengan tingkat konsumsi jaringan nirkabel tinggi, seperti konser, konferensi, dan pertandingan olahraga. (rm/phone arena)

portal berita medan
informatif & terpercaya