Kelas karyawan pancabudi  
Nico Rosberg menjadi juara di GP Belgia. (foto reuters: Maxim Shemetov)
Nico Rosberg menjadi juara di GP Belgia. (foto reuters: Maxim Shemetov)


Nico Rosberg Juara GP Belgia
rakyatmedan.com
Nico Rosberg menjuarai Grand Prix Belgia yang penuh insiden, namun berita terbesar datang dari rekan setimnya Lewis Hamilton yang mampu finis podium ketiga dari posisi start ke-21 untuk mempertahankan puncak klasemen, Minggu (28/8).

Balapan sudah penuh kekacauan setelah start dilakukan, ketika Sebastian Vettel yang terlalu ambisius mencoba menyalip sesama pembalap Ferrari Kimi Raikkonen di tikungan pertama, sehingga mereka bersenggolan.

Efek domino dari insiden itu, pembalap Red Bull Max Verstappen yang start posisi kedua terjepit di pinggir trek dan juga bersenggolan dengan mobil Raikkonen.
Setelah itu terjadi insiden tabrakan antara pembalap Manor Racing Pascal Wehrlein dengan pembalap McLaren Jenson Button.

Kemudian mobil Toro Rossi milik Carlos Sainz mengalami pecah ban belakang sehingga nyaris bertabrakan dengan pembalap lain.

Puncaknya, mobil pembalap Renault, Kevin Magnussen, melintir dan menghantam pembatas sangat keras, sehingga bendera merah dikibarkan pada putaran ke-10, artinya start diulang dari pitlane sampai lokasi kecelakaan Magnussen dibenahi.

Hamilton, yang dihukum start di belakang karena mengganti girboks, sudah mampu menembus lima besar ketika restart dilakukan, dan kemudian mampu menyalip dua pembalap di depannya untuk mengamankan posisi ketiga, atau naik 18 posisi dari ketika start dilakukan.

Bagi Rosberg, ini merupakan kemenangan pertama dalam karirnya di Belgia. Di antara dua pembalap Mercedes itu, terdapat Daniel Ricciardo yang finis kedua untuk Red Bull.
Duo Force India Nico Hulkenberg dan Sergio Perez berturut-turut finis keempat dan kelima.

Biang keladi insiden putaran pertama, Vettel, menyelesaikan balapan di posisi enam, disusul pembalap McLaren Honda Fernando Alonso. Ini merupakan hasil bagus bagi Alonso mengingat dia start paling belakang atau posisi ke-22.

Pembalap Williams Valtteri Bottas merayakan ulang-tahunnya hari ini dengan finis kedelapan, sementara Raikkonen berada di posisi sembilan setelah sempat tertinggal satu putaran karena harus masuk pit untuk mengganti hidung mobil di putaran kedua.

Pembalap terakhir di zona poin adalah veteran tim Williams, Felipe Massa. Verstappen, pembalap Belanda kelahiran Belgia yang mendapat banyak dukungan di Sirkuit Spa ini, beberapa kali menjadi penyebab senggolan ban dengan sejumlah pembalap termasuk Raikkonen. Dia akhirnya hanya finis ke-11 atau di luar zona poin. (rm/Fox Sports TV)

portal berita medan
informatif & terpercaya