Deadline Bikin E-KTP 30 September 2016
Deadline Bikin E-KTP 30 September 2016.

Oktober, KTP Non Elektronik Tak Berlaku Lagi

rakyatmedan.com
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menyatakan mulai 1 Oktober 2016 Kartu Tanda Penduduk (KTP) non elektronik tidak berlaku lagi.

"Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Barito Selatan Nyamei Tumbai, di Buntok, Senin (29/8).

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang belum memiliki e-KTP, dapat segera melakukan perekaman, karena pusat men-deadline perekaman sampai 31 September 2016.

Menurut dia, per 1 Oktober 2016 nanti, lembaga-lembaga pelayanan publik, seperti pembuatan SIM, urusan bank dan BPJS akan menolak kalau menggunakan KTP non elektronik.

"Karena data mereka yang menggunakan KTP non elektronik itu akan dinonaktikan dan lembaga-lembaga pelayanan publik pun diminta untuk tidak melayani warga yang tidak memiliki e-KTP," jelasnya.

Pihaknya lanjut dia, sudah mengimbau kepada masyarakat, baik melalui spanduk, radio pemerintah daerah maupun ke setiap kades dan masyarakat agar melakukan perekaman e-KTP.

Selain itu ia juga menambahkan, berdasarkan data wajib e-KTP di Barsel sebanyak 102.166, yang sudah direkam 84.752 orang dan yang sudah dicetak sebanyak 83.144 KTP.

"Jadi yang masih belum dilakukan perekaman sebanyak 17.414," demikian kata Nyamei Tumbai. (rm/ant)

portal berita medan
informatif & terpercaya