BNPT Gandeng MUI Lakukan Deradikalisasi

26
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius dan Ketua Umum MUI Maruf Amin di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (29/8).
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius dan Ketua Umum MUI Maruf Amin di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (29/8).

BNPT Gandeng MUI Lakukan Deradikalisasi
rakyatmedan.com
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyambagi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). BNPT ingin menggandeng MUI dalam melaksanakan deradikalisasi.

Kepala BNPT Komisaris Jenderal (Pol) Suhardi Alius menilai, penyebaran paham radikal di Indonesia sangat mengkhawatirkan.

“Radikalisme itu sudah sangat luar biasa dan itu bukan sama sekali konsep-konsep agama, akidah. Artinya ada satu konsep jihad ekstrem. Dan yang bisa meluruskan itu adalah para ulama,” kata Suhardi di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (29/8).

Suhardi mengatakan, MUI dapat membantu pelaksanaan deradikalisasi karena dinilai memiliki sumber daya. Hal ini, kata dia, terbukti dengan jaringan luas yang dimiliki MUI, baik di pusat hingga daerah.

“Bahkan sampai ke desa-desa, di kecamatan dan kabupaten. Kita mohon bantuannya dengan para majelis ulama untuk bisa menurunkan pada dai-dai dan ulama-ulama untuk membantu kita memberikan pencerahan terhadap orang yang kemungkinan terpapar radikalisme,” beber Suhardi.

Selain ulama, orangtua juga beperan dalam menangkal radikalisme. Keluarga, kata Suhardi, diharapkan menjadi benteng yang bisa menangkal masuknya paham radikal di kalangan pemuda.

MUI menyambut baik niat BNPT. Ketua Umum MUI Maruf Amin mengatakan, ada distorsi pemahaman jadi inti masalah radikalisme di Tanah Air.

“Oleh karena itu, langkah yang akan kita tempuh adalah memberikan pemahaman yang benar supaya tidak terjadi distorsi,” kata Maruf.

MUI bakal menggencarkan syiar pemahaman Islam yang benar melalui berbagai cara. Kerja sama dengan BNPT dapat membantu MUI untuk menyampaikan syiar di tempat yang tepat.

“MUI punya TPT (Tim Penanggulangan Terorisme), itu akan kita efektifkan. Kerjasama dorongan BNPT dapat memperoleh info, sasaran, dan gerakan mereka ke arah mana. Dan bagaimana kita melawannya,” ungkap Maruf.

Maruf Amin mengingatkan, seluruh pihak harus terlibat dalam proses deradikalisasi. Karena, aspek pokok dari radikalisme adalah kekeliruan menilai sebuah paham.
“Penanganannya dari semua sektor, keadilan dan ekonomi. Tapi aspek pokoknya pemahaman, yang lainnya pemicu saja. Ini yang kita betulkan,” pungkas Maruf. (rm/mt)

portal berita medan
informatif & terpercaya