Kunjungan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution sekaligus menyerahkan LK Tahun Anggaran 2015 dikantor BPK perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (8/6).
Kunjungan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution sekaligus menyerahkan LK Tahun Anggaran 2015 dikantor BPK perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (8/6).

Medan Urutan Ke-28 Serahkan LK 2015
Medan | rakyatmedan.com
Kota Medan dipastikan menempati urutan ke-28 dari 34 Kabupaten / Kota di Sumatera Utara yang menyerahkan Laporan Keuangan (LK) Tahun Anggaran 2015 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
Hal tersebut disampaikan  Plh Kepala BPK perwakilan Sumut, Agung Hartono saat menerima kunjungan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution yang sekaligus menyerahkan LK Tahun Anggaran 2015 dikantor BPK perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (8/6).

Artinya, dikatakan Agung, sampai saat ini masih ada tersisa 6 Kabupaten / Kota yang belum menyerahkan LK mereka kepada BPK Perwakilan Sumut. Selanjutnya, dari 28 Kabupaten / Kota yang telah menyerahkan LK, hanya 5 kabupaten/kota yang benar-benar menyiapkan LK dalam waktu 3  bulan.

Untuk itu, usai menerima LK, Agung  mengatakan BPK Perwakilan Sumut akan menurunkan tim  untuk melakukan koreksi mulai, Kamis (9/6). “Koreksi dilakukan sampai seminggu jelang lebaran. Setelah selesai liburan lebaran, tim akan kembali datang untuk melakukan koreksi, Senin (11/7). Sesuai undang-undang, kita hanya punya waktu 60 hari untuk melakukan pemeriksaan. 30 hari di lapangan,  sedangkan 30 hari lagi  membuat laporan,” jelasnya
Sementara, saat menyerahkan LK, Akhyar mengakui LK yang diserahkan kali ini terlambat. Selain ingin LK yang diserahkan lebih baik lagi, keterlambatan itu tidak terlepas karena baru pertama kali ini laporan keuangan harus berbasil akrual.

“Walaupun belum sempurna, Insya Allah LK yang kami sampaikan ini sudah mendekati sempuna,” kata Akhyar. Untuk tahun depan, Akhyar optimis LK yang  disampaikan tidak akan terlambat lagi. Selanjutnya mantan anggota DPRD Medan itu berharap terus dukungan dan bimbingan dari BPK jika dalam koreksi yang dilakukan ada kekuragan,
sehingga dapat dilakukan perbaikan. Sebab, Pemko Medan terus berupaya meningkatkan kinerja terutama dalam hal pelaporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Portal berita Medan Informatif dan Terpecaya (rm-04)