Suasana di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan
Suasana di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan.

Besok, Gubsu Buka Pondok Ramadhan di Area PRSU

Medan | rakyatmedan.com
Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi MSi akan membuka pelaksanaan Pondok Ramadhan Sumatera Utara  pada Jumat malam (10/6) di kawasan Pekan Raya Sumatera Utara Jalan Gatot Subroto Medan. Pondok Ramadhan yang digelar hingga 5 Juli mendatang ini merupakan kegiatan pameran, bazaar, dakwah  dan hiburan bernuansah islami.
“Insya Allah saya akan hadir membuka acara Pondok Ramadhan,” kata Gubsu usai menerima Ketua Panitia, Herwin di kediamannya, Kamis (9/6).
Gubsu antusias menyambut pelaksanaan Pondok Ramadhan dan berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan menambah ketakwaan masyarakat.
“Ini adalah kegiatan terobosan, pertama kali digelar. Semoga warga Sumut bisa menikmati sajian kuliner, hiburan  sekaligus dakwah serta bersilahturahmi di Pondok Ramadhan. Mudah-mudahan bisa meningkatkan ketaqwaan,” ujar Gubsu.
Dia menyambut positif pelaksanaan kegiatan yang tidak menggunakan dana APBD tersebut. Apalagi , katanya, panitia tidak memungut bayaran bagi para pengunjung maupun stan-stan bazaar. “Semua gratis, yang jualan gratis, pengunjung masuk juga gratis. Ini adalah terobosan baru,” kata Gubsu.
Ketua Panitia Herwin mengungkapkan, bahwa Pondok Ramadhan merupakan ide dari Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi agar ada kegiatan eksibisi sekaligus syiar agama Islam yang berkualitas dan terjangkau selama Ramadhan. Herwin menjelaskan pendanaan kegiatan tersebut berasal dari pihak ketiga tanpa menggunakan APBD.
Dijelaskannya, Pondok Ramadhan merupakan kegiatan bazaar, UKM dan kuliner, dakwah juga hiburan dengan setting dekorasi ala Timur Tengah. Untuk menambah meriah dan antusiasme masyarakat, pihaknya juga mengundang ustad kondang dan artis religi ibukota. Diantara artis yang akan mengisi hiburan adalah Grup Musik Wali, Gigi, Opick dan musisi Rhoma Irama.
“Stand kuliner yang ada nantinya menyediakan kekayaan tradisi kuliner delapan etnis di Sumatera Utara. Selain itu ada juga kuliner khas etnis pendatang seperti khas Jawa, Arab, India, Tiongkok dan lain-lain,” kata Herwin.
Selain menggelar bazaar makanan maupun produk UKM, Pondok Ramadhan juga menggelar berbagai lomba yaitu lomba azan, marhaban, saritilawah, kaligrafi, band religi dan hijab. Uniknya, para peserta lomba wajib mengikuti pesantren kilat yang juga dilaksanakan di lokasi.
“Setiap peserta lomba nantinya wajib ikut pesantren selama dua hari. Karenanya kami menyiapkan dapur umum untuk menyediakan makanan berbuka, tadarus dan sahur,” kata Herwin.
Pada pelaksanaan Pondok Ramadhan nantinya Panitia Pelaksana juga akan menerima pendaftaran manasik gratis bagi siapa saja yang berminat. “Silahkan pengunjung yang berminat manasik mendaftar di lokasi dan tidak dipungut bayaran,” katanya.
Herwin menambahkan, pengunjung tidak perlu khawatir tidak bisa menunaikan ibadah, karena pihaknya menyediakan tempat sholat yaitu pondok taraweh, pondok adam dan dan pondok hawa.
“Aula A dan Aula B akan dijadikan pondok taraweh sedangkan gedung  serbaguna menjadi mushola, jadi pengunjung bisa Sholat Maghrib, Sholat Isa dan Tarawih di lokasi Pondok Ramadhan,” ujar Herwin. Portal berita Medan Informatif dan Terpecaya (rm/02)